Pembangunan SUTT Sukadana - Ketapang, Ketapang - Kendawangan Akan Rampung Akhir Tahun 2019

Editor: Redaksi author photo
Bupati Ketapang Martin Rantan (kanan) saat menerima cendramata disela-sela kunjungan PT PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat di Pendopo Bupati, Kamis (17/10/2019) pagi 
Ketapang (Suara Ketapang) - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat melakukan pertemuan dengan Pemerintah Kabupaten Ketapang, di Pendopo Bupati, Kamis (17/10/2019).

Pertemuan tersebut  membahas progres pelaksanaan pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 KV jalur Sukadana-Ketapang dan Ketapang - Kendawangan.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat Rachmad Lubis memaparkan pembangunan SUTT  itu direncanakan akan selesai pada akhir tahun 2019.

"Proyek pembangunan SUTT ini merupakan prioritas ketenagalistrikan di bagian selatan Kalimantan Barat yaitu SUTT 150 KV Ketapang-Kendawangan dan Ketapang -Sukadana," katanya.

Rachmad mengatakan SUTT ini nantinya akan terhubung dengan jaringan transmisi yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah.

"Ada potensi pelanggan besar industri tambang di Tumbang Titi yang harus didukung. Perencanaan untuk industri ke depan Potensi 200 MW yang bisa dipasok ke Ketapang," ujarnya.

Pihaknya pun meminta bantuan dan solusi kepada Bupati Ketapang Martin Rantan terhadap kendala-kendala yang dihadapi saat ini.

"Sistem ketenagalistrikan yang merupakan langkah strategis PLN dalam menjaga operasional perusahaan dari berbagai sisi, terutama pembangkitan, transmisi, dan distribusi untuk menghindari masalah-masalah sosial maupun teknis yang beresiko terhadap pelayanan penyediaan kelistrikan," paparnya.

Sementara itu Bupati Ketapang Martin Rantan mengaku sangat mendukung kelancaran proyek strategis nasional tersebut.

"Proses konstruksi SUTT 150 KV selain untuk menjamin keandalan penyaluran listrik untuk masyarakat, SUTT ini juga diharapkan dapat hadir sebagai salah satu saluran cadangan dalam menyuplai listrik," ujar Martin saat menerima kunjungan pihak PLN.

Ia pun berterima kasih atas dukungan infrastruktur listrik dalam pembangunan kawasan industri di Ketapang.

"Dalam pelaksanaan pembangunan SUTT tentunya mengalami kendala sosial, sebagai kepala daerah berkewajiban untuk mengamankan dan mendukung," katanya.

Menurutnya kemajuan Kabupaten Ketapang khususnya di bidang industri sangat membutuhkan infrastruktur ketenagalistrikan.

Orang nomor satu di Kabupaten Ketapang itu pun berharap agar apa yang targetkan pihak PLN dapat terealisasi diakhir tahun ini. (Ndi)
Share:
Komentar

Berita Terkini