60 Anggota Panwascam Kabupaten Ketapang Resmi Dilantik

Editor: Agustiandi author photo
60 anggota Panwascam se Kabupaten Ketapang berfoto bersama Ketua Bawaslu Kalbar, Komisioner Bawaslu Ketapang dan unsur Forkopimda setempat di Hotel Nevada, Minggu (22/12/2019)
Ketapang (Suara Ketapang) - 60 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada 2020 se Kabupaten Ketapang resmi dilantik, di Hotel Nevada, Minggu (22/12/2019) pagi.

60 orang Panwascam tersebut akan bertugas di 20 Kecamatan se Kabupaten Ketapang. Acara pelantikan ini digelar setelah hampir sebulan proses seleksi dan perekrutan Panwascam dilaksanakan.

"Setiap kecamatan masing-masing ada tiga orang Panwascam, di Ketapang sendiri ada 20 kecamatan, jadi total yang kita lantik hari ini ada 60 orang Panwascam," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Ketapang Nuriyanto.

Nuriyanto mengatakan, acara pelantikan tersebut juga sekaligus dirangkai dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk penguatan kapasitas dan integrasi para pengawas Pilkada ditingkat kecamatan.

Sementara itu Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat  Ruhermansyah, yang turut hadir pada pelantikan tersebut mengatakan, pelantikan Panwascam tersebut dilakukan secara serentak se Indonesia.

"Serentak yang pertama tanggal 22 ini dan serentak yang ke dua tanggal 23 besok, di Kalbar sendiri yang melaksanakan pelantikan hari ini ada lima kabupaten," katanya.

Kabupaten Ketapang bersama empat Kabupaten lainnya yakni Sekadau, Melawi, Sambas dan Kabupaten Bengkayang menggelar pelantikan pada hari ini (22/12), sementara dua kabupaten lainnya yakni  Sintang dan Kabupaten Kapuas Hulu akan melaksanakannya besok, Senin (23/12).

Orang nomor satu di jajaran Bawaslu Kalbar itu pun berpesan pada seluruh Panwascam menjaga integritas, mentalitas dan soliditas dan tetap mengedepankan profesionalitas saat menjalankan tugas yang diemban.

"Jaga integrasi, tetap pegang prinsip-prinsip penyelanggara pemilu, laksanakan tugas secara professional, kuatkan kapabilitas, jalin koordinasi dengan semua pihak," katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Ketapang M. Febriadi berharap dengan telah dilantiknya Panwascam dengan proses yang sangat baik tersebut tentu akan berdampak positif juga untuk tahapan tahapan pilkada yang selanjutnya.

"Tentu kami berharap tahapan tahapan selanjutnya akan berjalan dengan baik, yang nantinya a pada tahun 2020 proses pemilihan kepala daerah dapat berjalan dengan baik pula," katanya usai menghadiri pelantikan tersebut. 

Sementara itu, satu diantara Panwascam yang baru saja dilantik, Theo Bernadi berkomitmen akan melaksanakan tanggungjawab yang diberikan kepadanya. Ia juga meminta dukungan dari masyarakat agar pengawasan pemilu dapat benar-benar berkualitas.

"Kami akan bekerja dengan penuh tanggungjawab, profesional  agar mampu membantu jalannya proses pilkada 2020 yang lancar dan adil, sehingga dapat menghasilkan kepala daerah yang dapat menjadikan Kabupaten Ketapang yang lebih baik," pungkasnya. (Ndi)
Share:
Komentar

Berita Terkini