Farhan Ajak Petani Berinovasi

Editor: Agustiandi author photo
Farhan saat panen raya di Desa Tanjung Baik Budi Kec. Matan Hilir Utara 
Ketapang (Suara Ketapang) - Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang Farhan mengajak petani berinovasi dalam membudidayakan pertanian.

Hal itu ia sampaikan saat ia menghadiri panen raya kelompok tani Usaha Baru yang dilaksanakan di Desa Tanjung Baik Budi Kecamatan Matan Hilir Utara, Senin (16/03/2020).

Dalam acara panen perdana hari itu berbagai keluhan dibidang pertanian yang disampaikan anggota kelompok tani semua keluhan tersebut telah diserap oleh Sekda Farhan untuk ditindak lanjuti.

"Prinsip dalam hal bertani itu kita harus menggunakan pola kita dalam bertani, barangkali tempo dulu kita bisa bertani hanya satu kali tanam, harapan kita bisa tiga kali, itu harapan besar kita, tapi kalaupun itu tidak bisa, satu kali saja berhasil, Alhamdulilah, apalagi dua sampai tiga kali berhasil itu sangat baik." Kata Farhan.

Bertani itu untuk mendapatkan penghasilan, dengan demikian dikatakan Farhan maksudnya tidak hanya satu sumber, ketika dilahan itu ada yang kosong bisa ditanami cabe, sayur-sayuran, ubi dan sebagainya.

"Saya mempercayakan penuh kepada ibu bapak sekalian. Yang mana yang cocok dan lain sebagainya ibu bapak lah yang tau, kapan air pasang, kapan ada hama ibu bapaklah yang tau yang terpenting adalah setiap usaha dalam kehidupan kita itu harus kompak," ucapnya.

Selaku Sekda Ketapang Farhan memberikan dukungan kepada kepada kelompok tani Usaha Baru untuk  dirumuskan dalam sebuah peraturan daerah atau peraturan Bupati, tentang bagaimana sistem yang dilakukan untuk menyediakan alat-alat pertanian yang diperlukan.

"Terakhir kita juga akan memberikan inovasi, tadi sudah disampaikan inovasi itu bagaimana kita memanfaatkan lahan dengan sebaik-baiknya dengan banyak cara yang bisa kita lakukan, demi meningkatkan ekonomi masyarakat," pungkasnya. (Ndi)
Share:
Komentar

Berita Terkini