Panwascam Delta Pawan akan Rekrut 173 Pengawas TPS

Editor: Redaksi author photo

Ketua Panwascam Delta Pawan Theo Bernadhi 
Ketapang (Suara Ketapang) - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslu) Delta Pawan  akan merekrut 173 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk Pilkada serentak yang akan berlangsung 9 Desember mendatang.

Ketua Panwaslu Kecamatan Delta Pawan, Theo Bernadhi mengatakan rekrutmen Pengawas TPS dibuka pihaknya untuk seluruh kelurahan dan desa yang ada di Kecamatan Delta Pawan.

“Pengumuman pendaftaran telah kita tempel diberbagai lokasi pada Rabu 30 September, kemudian untuk jadwal penerimaan pendaftaran, penelitian berkas administrasi serta tes wawancara rentang waktunya dimulai dari tanggal 3 Oktober hingga 15 Oktober,” katanya, Rabu (30/9/2020).

Ia menerangkan, pengumuman pendaftaran disebar pihaknya di seluruh kantor kelurahan/desa se-Kecamatan Delta Pawan serta dipublikasikan di akun media sosial Panwaslu Kecamatan Delta Pawan hingga ke media mainstream baik media cetak dan media elektronik.

“Publikasi pengumuman kita lakukan secara masif dan transparan untuk memberi peluang bagi semua masyarakat khususnya di Delta Pawan yang memenuhi persyaratan untuk turut mendaftarkan diri menjadi bagian pengawasan Pilkada yakni sebagai Pengawas TPS,” jelasnya.

Ia melanjutkan, rekrutmen Pengawas TPS ini juga dibuka serentak pada 19 Kecamatan lain di Kabupaten Ketapang, sehingga masyarakat yang berminat dan memenuhi syarat bisa mendaftarkan diri dan mencari informasi pendaftaran di Sekretariat Panwaslu Kecamatan yang ada di semua Kecamatan di Ketapang.

“Untuk Kecamatan Delta Pawan pihaknya akan merekrut sebanyak 173 orang sesuai dengan jumlah TPS yang ada saat ini sebanyak 173 TPS yang nantinya satu Pengawas TPS akan ditempatkan di satu TPS,” terangnya.

Ia menjelaskan, untuk syarat pendaftaran diantaranya memiliki integritas, berpendidikan minimal SMA atau sederajat, berusia minimal 25 tahun, berdomisili dilokasi pendaftaran sesuai kartu tanda penduduk, mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika, tidak terlibat dalam keanggotaan partai politik atau telah mengundurkan diri sekurang-kurangnya 5 tahun pada saat mendaftar, mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan atau di BUMN/BUMD pada saat mendaftar.

Kemudian tidak pernah dipidana penjara semama 5 tahun atau lebih dibuktikan dengan surat pernyataan, bersedua bekerja penuh waktu yang dibuktikan dengan surat pernyataan, tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama Penyelenggara Pemilu dan bersedia melaksanakan pemeriksaan rapid test atau Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) atau menggunakan surat keterangan bebas gejala seperti influensa yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit atau otoritas kesehatan dalam hal layanan rapid test atau RT-PCR tidak tersedia.

“Untuk pemeriksaan rapid test akan difasilitasi kami saat sebelum pelantikan, atau pendaftar yang telah melakukan rapid test paling lama 14 hari sebelum pelantikan bisa melampirkan surat hasil rapid testnya,” terangnya.

Sedangkan untuk berkas pendaftaran yang harus disampaikan kepada Pokja penerimaan diantaranya surat lamaran yang ditujukan kepada panwaslu kecamatan, foto copy Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL)/surat
keterangan dari Disdukcapil yang masih berlaku, pas foto setengah badan terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 2 (dua) lembar dengan latar belakang merah, foto copy ijazah pendidikan terakhir yang disahkan atau legalisir oleh pejabat yang berwenang atau menyerahkan fotocopy ijazah terakhir dengan menunjukkan ijazah asli, melampirkan daftar riwayat hidup.

Kemudian surat izin dari atasan langsung untuk mengikuti seleksi dan bekerja penuh waktu apabila terpilih bagi yang menjalani profesi dan memiliki atasan langsung, melampirkan surat pernyataan yang memuat beberapa poin.

“Untuk surat lamaran, daftar riwayat hidup serta surat pernyataan yang memuat beberapa poin telah kami sediakan jadi pelamar bisa mengambilnya langsung ke Kantor Panwaslu Kecamatan Delta Pawan atau mendonloadnya di file yang kami share di akun facebook Panwascam Delta Pawan dan tinggal mengisinya, semua gratis tanpa dipungut biaya. Masyarakat yang ingin mendapatkan informasi seputar rekrutmen silahkan datang ke Sekretariat Panwaslu Kecamatan Delta Pawan di Jalan Brigjend Katamso atau menghubungi nomor handphone Pokja penerimaan pendaftaran yang tertera di pengumuman pendaftaran,” pungkasnya. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini