Catat Tanggal Cap Go Meh 2022, dan Ketahui Perbedaanya dengan Tahun Baru Imlek

Editor: Agustiandi author photo

Kelenteng Tua Pek Kong Ketapang Kalimantan Barat.
Ketapang (Suara Ketapang) - Perayaan Tahun Baru Imlek 2022 jatuh pada Selasa, 1 Februari 2022 lalu. Tak hanya perayaan Imlek saja, warga Tionghoa juga akan merayakan Cap Go Meh. Pertanyaanya, waktu perayaan Cap Go Meh 2022 kapan? Simak jawabannya pada artikek berikut ini. 

Cap Go Meh dalam bahasa Hokkien memiliki arti "malam kelima belas". Cap Go Meh merupakan akhir atau penutup dari rangkaian perayaan Imlek. Yang dirayakan setiap tanggal 15 pada bulan pertama penanggalan China. Lantas, Cap Go Meh 2022 kapan?

Banyak orang bertanya-tanya, perayaan Cap Go Meh 2022 kapan? Cap Go Meh menjadi hari istimewa karena menjadi waktu yang tepat untuk berdoa meminta keberuntungan dan kekayaan. Warga Tionghoa tidak akan melewatkan momen terpenting ini. 

Berdasarkan kalender tahun Baru Imlek 2022 perayaan Cap Go Meh tahun ini jatuh pada tanggal 15 Februari 2022 mendatang. 

Melansir dari suara.com, Cap Go Meh atau sering disebut dengan istilah Festival Lampion. Penyebutan istilah ini bermula dari abad ke-17 pada masa kekuasaan Dinasti Han. Berdasarkan sejarah, setiap malam tanggal 15 pada bulan pertama, keluarga istana bersama warga mengakan perayaan. 

Terdapat beberapa cara yang dilakukan untuk merayakan hari ke 15 Imlek, salah satunya dengan memasang lentera atau lampion yang berwarna-warni. Hampir seluruh wilayah Cina dari kota hingga desa turut merayakan Cap Go Meh. Sehingga terlihat cantiknya lampu-lampu yang dipasang disetiap rumah kala itu. 

Tak hanya sekadar memasang lampion agar terlihat indah, namun pemasangannya memiliki tujuan untuk mengusir hama atau binatang penganggu tanaman. Karena rata-tata penduduk China mengandalkan ladangnya untuk bercocok tanam. 

Selain itu, perayaan Cap Go Meh semakin meriah berkat pertunjukan musik dan barongsai. Warga berbondong-bondong melihat pertunjukan itu disebuah tempat lapang atau di aula. Tradisi inilah yang hingga kini tetap terus dilakukan termasuk di Indonesia. 

Jadi pada dasarnya perayaan Imlek dan Cap Go Meh merupakan dua hal yang sama. Namun dilakukan pada waktu yang berbeda. Jika Imlek dirayakan pada awal bulan yakni pada hari pertama, sedangkan Cap Go Meh dirayakan pada hari kelima belas. (Suara) 

Share:
Komentar

Berita Terkini