Kondisi Kota Ketapang Hari Ini (Ketapang Bisa)

Editor: Redaksi author photo
Jalan Jenderal Sudirman di depan Kantor Bupati Ketapang terlihat lengang, momen ini diabadikan  pada Minggu (22/3/2020) Siang (foto : Weri) 

Oleh : Tim Humpro Pemkab Ketapang

Ketapang (Suara Ketapang) - Terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya dari  Tim Humpro Pemda Kab. Ketapang untuk mitra Humpro Ketapang dan seluruh  masyarakat Kabupaten Ketapang dimanapun berada.

Kedisiplinan kita ini semoga akan berdampak baik khususnya untuk kita, orang-orang tersayang di lingkungan keluarga kita, orang-orang tercinta di sekaliling kita dan seluruh  masyarakat Kabupaten Ketapang tercinta pada umumnya.

Kami yakin, kondisi seperti ini tidak akan selamanya, dengan kata lain, hanya sementara. Nanti,  setelah pemerintah  mengeluarkan maklumat, mencabut situasi darurat Covid - 19 (Virus Corona) ini, kita bisa kembali beraktifitas seperti sedia kala. Bisa melakukan rutinitas seperti pada situasi sebelum Virus Corona mengancam keselamatan warga dunia, termasuk Indonesia, khususnya di Kabupaten Ketapang kita tercinta ini.

Saat ini, mari kita mengalah untuk menang, karena apa? Karena dilawan dengan fisikpun pasti percuma, sebab virus itu kecil wujudnya, tapi luar biasa daya rusaknya. Ganas, mematikan, yang tidak bisa dilawan,  diperangi dengan senjata tajam atau alusista yang ada di dunia ini.
Simpang Tsanawiyah (foto : Weri)

Kondisi seperti ini menjadi tak bijak manakala kita anggap atau kita pandang sebelah mata. Negara-negara lain yang telah mengalami derita akibat amukan Corona seperti China, Korea Utara, Korea Selatan, Malaysia, Italia maupun Iran mestinya kita jadikan pelajaran.

Untuk itu,  kedisiplinan,  kepatuhan terhadap himbauan pemerintah dan himbaun  pihak-pihak yang memang kompeten di bidang ini adalah pilihan rasional, logis dan bijaksana.

Mari kita  lakukan pencegahan selain menjaga kebersihan, kita lakukan juga isolasi mandiri di kediaman kita masing-masing untuk sementara waktu, sembari berdoa'a agar badai  ini cepat berlalu.

Kami yakin, dengan kesadaran dan disiplin yang tinggi, kita akan bisa atasi bencana ini, dengan kebersamaan dan kekompakan, kita akan bisa  dihindarkan dari bahaya Virus yang mematikan ini.
Jalan R Suprapto (foto : Weri)

Sahabat mitra Humpro yang tercinta, mesti kita  sadari, bahwa ketika pemerintah baik pusat maupun daerah mengeluarkan larangan, himbauan khususnya pada kasus mewabahnya Virus Corona seperti sekarang  ini, karena  selain menjadi suatu kewajiban, yakni melindungi keselamatan warganya, karena juga  tingginya rasa cinta dan sayang pemerintah pada warganya.

Tidaklah disebut pemerintahan ketika tidak ada warganya bukan? Ataupun ketika sebaliknya. Maksud saya, antara pemerintah dan masyarakatnya harus seirama supaya tidak ada hambatan dalam upaya mewujudkan  cita-cita normatif bersama yakni keselamatan, kemakmuran,  dan kesejahteraan.
Kawasan bundaran tugu Ale-ale (foto: Weri) 

Kita telah pahami bersama,  bahwa Virus Corona memang  tak pandang bulu ketika menyerang.  Dia  bisa melakukan 'pembantaian' kapan saja, pada siapa saja, dan di mana saja.

Namun demikian, Pemerintah Kabupaten Ketapang patut bersyukur karena punya masyarakat yang disiplin, taat aturan, sehingga tak perlu melakukan tindakan 'offensive' supaya warganya tertib, seperti yang dilakukan pemerintah di negara lain.

Alhasil, "Kebijaksanaan adalah ketika kita berfikir dan berbuat hanya dan untuk kebaikan, kepentingan, keselamatan orang kebanyakan." (SH).

Salam takzim dari kami,
Tim Humpro
Pemda Kab. Ketapang.

Share:
Komentar

Berita Terkini