Farhan : Masjid Harus Berfungsi Sosial dan Solusi Keumatan

Editor: Agustiandi author photo

Sekda Ketapang menghadri Bimtek Manajemen Masjid di di Aula Bapenda Ketapang Sabtu, (18/07/2020).
Ketapang, (Suara Ketapang) – Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang H. Farhan, SE.,M.Si hadir mewakili Bupati Ketapang dalam acara Pembukaan Bimtek (Bimbingan Teknis) Manajemen Masjid Kabupaten Ketapang Tahun 2020 di Aula Bapenda Ketapang pada Sabtu, (18/07/2020).

 

Saat membacakan pidato Bupati Ketapang, Farhan menyampaikan selamat kepada peserta yang hadir di acara Bimtek. Ia berharap kegiatan tersebut mampu menambah wawasan yang akan bermuara pada peningkatan kualitas pengurus masjid.

 

Menurut Farhan, peran dan fungsi masjid tak hanya terbatas pada urusan keagamaan, namun juga masjid dapat difungsikan sebagai tempat sosial dan solusi keumatan.

 

"Langkah ini penting, agar peran dan fungsi masjid sebagai tempat pertumbuhan dan peradaban islam dapat diapliksikan di tengah-tengah masyarakat," Katanya.

 

“Masjid harus lebih dikembangkan menjadi madrasah atau tempat pendidikan, tempat konsultasi hukum islam, sosial kemsyarakatan serta tempat pembinaan umat. Masjid harus berimplikasi pada kemanfaatan dalam kehidupan bermasyarakat,” lanjutnya.

 

Pada Bimtek yang  bertema revitalisasi peran dan fungsi masjid sebagai pusat pembinaan umat itu, Farhan juga berterimakasih dan memberikan apresiasi kepada MUI (Majelis Ulama Indonesia) Ketapang yang telah menginisiasi kegiatan ini.

 

Sekda berharap, MUI Kabupaten Ketapang tetap menjadi wadah yang mewakili umat islam dalam hubungan dan konsultasi antar umat beragama, sebagaimana lazimnya, MUI  adalah lembaga pemberi fatwa di Kabupaten Ketapang baik diminta ataupun tidak diminta.

 

"Hal ini sengaja saya sampaikan, mengingat Majelis Ulama adalah tumpuan harapan pemerintah dan umat,” pungkasnya. (SH)


Share:
Komentar

Berita Terkini