Dua Karyawan Perusahaan Perkebunan Sawit di Ketapang Tewas Tergilas Jonder

Editor: Agustiandi author photo

Ilustrasi.
Ketapang (Suara Ketapang) - Dua orang karyawan PT Mentari Pratama (MP) Musim Mas Group, tewas tergilas jonder, Kamis (14/10/2021) sore. 

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, kedua korban bernama Eka (34) dan Anci (47) warga Desa Tanjung Beualang dan Desa Natai Panjang Kecamatan Tumbang Titi. Keduanya mempunyai hubungan kekeluargaan.

Tokoh masyarakat setempat, Markolaus Sutopo, membenarkan peristiwa tersebut. Berdasarkan informasi yang diterimanya, sepulang kerja korban menumpang jonder. Dalam perjalanan, jonder mengalami masalah teknis dan hilang kendali. Korban sempat terpental lalu tergilas. 

"Anci meninggal di tempat, sementara Eka masih sempat dilarikan ke Puskesmas Kecamatan Pemahan, namun nyawanya tak tertolong lantaran luka yang dideritanya terlalu serius," paparnya, Jumat (15/10/2021).

Ia pun sangat menyayangkan peristiwa tersebut. Sutopo menilai, insiden itu menjadi bukti nyata lemahnya standar operasional prosedur dalam keselamatan dan kesehatan kerja di perusahaan perkebunan sawit tersebut.

"Saya pikir ini bukan pertama kecelakaan serupa terjadi di perusahaan tersebut. Harapan saya ke depan pihak perusahaan harus lebih memperhatikan SOP dalam hal keselamatan karyawan. Itu merupakan hal yang utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan," ujarnya.

Sementara itu, saat dikonfimasi, Humas PT MP Syafrudin mengatakan, kedua korban tersebut menumpang jonder untuk menuju sepeda motor mereka. Menurutnya, operator sudah melarang, namun korban tetap menumpang di jonder tersebut. 

"Jadi mereka ini kan pulang pergi naik motor, karena mereka tinggal di kampung, sebenarnya aturannya mereka tidak boleh naik jonder itu," ujarnya saat dihubungi, Jumat siang. 

Ia menegaskan, pihak perusahaan tetap akan bertanggung jawab. Pihaknya akan memberikan santunan kematian kepada keluarga korban sesuai udang-undang yang berlaku. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini