Liga AFK Ketapang 2022 Resmi Bergulir

Editor: Agustiandi author photo

Foto bersama saat seremonial pembukaan Liga AFK 2022 di lapangan futsal Chrisma, Sabtu (5/2/2022) malam. (Suara Kalbar Agustiandi).
Ketapang (Suara Ketapang) - Liga Asosiasi Futsal Ketapang (AFK) Ketapang 2022 resmi bergulir. Kompetisi futsal tersebut dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo di Lapangan Futsal Chrisma Ketapang, Sabtu (5/2/2022) malam. 

Ketua Asosiasi Futsal Kabupaten Ketapang (AFK), Agus Kurniawan mengatakan, Liga AFK 2022 diikuti 20 klub dengan sistem pertandingan kompetisi full. 

"Akan ada 380 pertandingan, dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu, insyallah selesai dalam 19 minggu, ditambah libur puasa dan lebaran, jadi 24 minggu," paparnya usai seremonial pembukaan.

Pria yang akrab disapa Agung itu menambahkan, pertandingan tak hanya digelar di Kota Ketapang namun juga akan dilaksanakan di Kecamatan Sandai. 

"Paruh musim kita akan bermain di Kecamatan Sandai, jadi insyallah ditanggal 7 dan 8 awal paruh musim kita akan melaksanakan tour turnamen di Kecamatan Sandai," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo mengapreasi event olahraga Liga AFK 2022. 

"Sebagai pemerintah daerah, kita akan terus melakukan pembinaan-pembinaan termasuk dukungan terhadap asosiasi futsal begitu juga cabang olahraga induk sepak bola," kata Alex. 

Alex mengatakan, sejak enam tahun lalu, pihaknya telah memberikan dukungan dalam bentuk anggaran guna memfasilitasi event futsal di Kabupaten Ketapang. 

Logo Liga AFK Ketapang 2022. (Suara Kalbar Agustiandi).
"Artinya ada dukungan pemerintah daerah untuk memfasilitasi kejuaraan-kejuaraan futsal di Kabupaten Ketapang, seperti yang sudah kita laksanakan dari 2016, seperti Jurnalis Cup, Kajari Cup dan ini lahir Liga AFK 2022," paparnya.

Alex berharap, akan banyak muncul atlet berprestasi yang berasalan dari Kabupaten Ketapang dan dapat mewakili Kabupaten Ketapang dalam ajang nasional. 

"Seperti yang udah ada sekarang, Doni dari Pesaguan, dia sekarang kita anggap sudah jadi atlet futsal profesional, sudah mengikuti kejuaraan ditingkat nasional," imbuhnya.

Hal senada disampaikan Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Ketapang Uti Royden Top. Bentuk dukungan tak hanya sekedar kata-kata, namun dalam bentuk dana dan pokok pikiran dewan. 

"Kami akan mendukung kegiatan ini tiap tahun, kapan pun kita akan tetap mendukung," ujarnya.

Ia juga berpesan agar seluruh yang terlibat dalam pertandingan mengendepankan sportivitas dan fair play, demi terciptanya pertandingan yang sehat dan menghibur. 

Ketua Asosiasi Futsal Provinsi Kalbar, Mulyadi Rahwono mengatakan, Kabupaten Ketapang menjadi daerah yang pertama mengadakan liga futsal tingkat Kabupaten di Kalimantan Barat. Ia mendorong seluruh asosiasi futsal kabupaten/kota dapat menggelar event yang sama. 

Mulyadi menyampaikan, setelah liga kabupaten/kota pihaknya berencana akan mengadakan liga provinsi yang pesertanya juara 1 dan 2 dari liga kabupaten/kota. 

"Kemudian target kami berikutnya adalah Liga Kalimantan, kami akan berkerja sama dengan Kalsel, Kaltim, Kalteng sama Kaltara, itu target kami," pungkasnya. (Ndi).

Share:
Komentar

Berita Terkini