Gawai Nyapat Taunt Kecamatan Simpang Hulu

Editor: Agustiandi author photo

Sekda Ketapang Alexander Wilyo hadir dalam acara Gawai Nyapat Taunt di Dusun Pasir Desa Semandang Kiri Kecamatan Simpang Hulu, Kamis (30/6/2022). (Ist)
Simpang Hulu (Suara Ketapang) - Komunitas adat Kecamatan Simpang Hulu Kabupaten Ketapang menggelar Gawai Nyapat Taunt, di Rumah Adat Batangk Raya Dusun Pasir Desa Semandang Kiri, Kamis (30/6/2022). 

Gawai nyapat taunt merupakan agenda tahunan masyarakat adat dayak Simpang Hulu. Nyapat taun artinya menutup tahun perladangan dan membuka tahun perladangan berikutnya. 

Gawai nyapat taunt diawali dengan ritual nyapat taunt selanjutnya dirangkai dengan pesta gawai. Pesta gawai diisi berbagai macam perlombaan dan pagelaran budaya, diantaranya karnaval budaya, lomba lagu dayak kategori putra-putri, lomba menumbuk padi, lomba menyumpit, lomba tari dayak kreasi dan lomba permainan tradisional dayak concong berambeh.

Sekda Ketapang Alexander Wilyo berkesempatan hadir langsung dalam agenda tahunan tersebut. Menurutnya, pemerintah daerah memberikan kesempatan kepada seluruh suku manapun untuk mengembangkan dan melestarikan adat budayanya.

"Kita harus saling menghargai, kita harus bersatu saling menghargai. Empat pilar kebangsaan sudah final tidak lagi ada tawar menawar, yaitu satu bhinneka tunggal Ika, kedua Pancasila, ketiga UUD 1945 dan ke empat NKRI Harga Mati," tegasnya.

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Ketapang sangat mendukung pelaksanaan gawai Nyapat Taunt.

"Gawai Nyapat Taunt sudah ditetapkan sebagai agenda daerah Kabupaten Ketapang sejak tahun 2016 melalui dinas pariwisata dan kebudayaan," ujarnya.

Selain itu, dia juga meminta kepada panitia penyelenggara dan seluruh masyarakat Kecamatan Simpang Hulu supaya tahun depan bisa mengemas acara Nyapat Taunt lebih baik lagi sebagai ajang pelestarian tradisi, seni dan budaya dayak simpang hulu agar menjadi salah satu daya tarik kunjungan wisata budaya di Kabupaten Ketapang.
"Harapan saya untuk tradisi adat budaya ini harus selalu kita pertahankan dan kita harus kompak dan bersatu untuk menjadikan Ketapang Maju Menuju Masyarakat Sejahtera," pungkasnya. (Ndi) 

Share:
Komentar

Berita Terkini