Pemkab Ketapang Miliki Mobil Damkar Canggih Senilai Rp1,7 Miliar

Editor: Redaksi author photo
Mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kabupaten Ketapang yang diklaim paling cagih se Kalimantan Barat 
Ketapang (Suara Ketapang) - Kabupaten Ketapang kini memiliki mobil pemadam kebakaran yang di klaim tercanggih di Kalimantan Barat. Mobil senilai Rp1,7 miliar  tersebut kini sudah berada di Kabupaten Ketapang.

Kepala Satuan Pamong Praja Kabupaten Ketapang Muslimin menjelaskan kendaraan tersebut memiliki kapasitas tangki 5 ribu liter air dan 500 liter liquid foam atau cairan busa.

Mobil berbadan cukup besar dengan pajang delapan meter lebar 3.5 meter dan tinggi 2.75 meter itu mampu melaju hingga 100 kilometer per jam.

"Hino Ranger 500 Seri FG235 memilki enam speed dan kabin ganda. Kendaraan ini dirancang dengan sistem hidrolik," ujar Muslimin, Rabu (20/11/2019).

Mobil pemadam kebakaran yang diklaim tercanggih di Kalimantan Barat itu pun mampu mengoperasikan semua komponen mesin secara remote control baik dari kabin driver maupun dari ruang mesin.

"Kendaraan ini juga dilengkapi pemompa air dengan kekuatan tinggi sehingga mampu menembakkan air hingga lebih dari 50 meter. Tak hanya air, nozel milik mobil damkar ini juga bisa menembakkan busa yang mampu dengan cepat memadamkan api," paparnya.

Tak hanya sampai disitu, fasilitas baru Damkar Satpol PP Kabupaten Ketapang seharga hampir dua miliar itu juga dilengkapi dengan sistem penerangan yang jauh lebih baik dari pada mobil pemadam biasa.

Sementara itu, Bupati Ketapang Martin Rantan mengaku senang, dengan adanya mobil pemadam ini.  Menurutnya fasilitas dan sarana seperti ini mampu memicu semangat petugas pemadaman kebakaran milik  Pemerintah Kabupaten Ketapang.
Bupati Ketapang Martin Rantan (baju putih) saat melihat keunggulan mobil pemadam kebakaran di halaman pendopo bupati, Rabu (20/11/2019)
"Saya senang dengan kawan-kawan Satpol PP bisa dapat ini, dan ini yang tercanggih di Kalimantan Barat, bravo Satpol PP bidang Damkar Kabupaten Ketapang," ujar Martin.

Dengan adanya fasilitas seperti itu, Martin Rantan berharap agar satuan polisi pamong praja bidang pemadam kebakaran semakin semangat dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

"Mereka punya semboyan 'pantang pulang sebelum padam', jadi mudah mudahan dengan adanya mobil ini kebakaran yang hebat pun yang masih mampu kita tangani kita akan tangani," pungkasnya. (Ndi)
Share:
Komentar

Berita Terkini