Heronimus Tanam Ajak Masyarakat Tanamkan Nilai Pancasila

Editor: Redaksi author photo

Penjabat Sekda Kabupaten ketapang Heronimus Tanam
Ketapang (Suara Ketapang)  - Pemerintah Kabupaten Ketapang bersama Forkopimda setempat memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020 di halaman kantor Bupati Ketapang, Kamis (1/10/2020) pagi.

Upacara peringatan hari kesaktian Pancasila tersebut diselenggarakan secara sederhana dengan tidak melibatkan banyak orang demi menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

Baca Juga : Simpan Sabu, SH Diamankan Satuan Narkoba Polres Ketapang

Usai upacara, Penjabat Sekretaris Kabupaten Ketapang Heronimus Tanam mengatakan, dalam kehidupan sehari-hari masyarakat harus menerapkan karakter dan nilai Pancasila.

"Harapan saya dengan memperingati hari kesaktian Pancasila, kita mengingatkan kembali bahwa Pancasila itu sakti. Butir-butir Pancasila itu sekarang tidak dipersoalkan lagi, kita NKRI," katanya.

Heronimus Tanam berharap kepada masyarakat terlebih pada kalangan muda untuk tetap  harus menjaga, menerapkan dan tidak meragukan dasar negara, ideologi bangsa yakni Pancasila.

PJ. Sekda Kabupaten Heronimus Tanam (tiga dari kiri) berfoto bersama unsur Forkopimda setempat usai menggelar acara peringatan hari kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020. (Foto : Acik Sa'ad) 

"Kultur Indonesia  santun, toleransi, agamis. Kita harap kalangan muda tidak dapat dengan mudah terpengaruh sehingga kultur yang telah baik itu tidak terkikis. Saya harap masyakarat khususnya kalangan muda tetap menanamkan karakter Pancasila," ucapnya.

Baca Juga : Cuti Kampanye, Martin Rantan Kembalikan Fasilitas Jabatan Bupati ke Pemerintah Daerah

Menurutnya, dengan momentum seperti ini,  menjadi salah satu sarana yang tempat dalam menanamkan jiwa Pancasila bagi anak bangsa. Sebab saat ini pelajaran Pancasila tak sama seperti zaman dahulu.

"Kalau dulukan di sekolah ada pendidikan Pancasila. ada Pendidikan Moral Pancasila ( PMP ) ada Pedoman, Penghayatan dan Pengamalan, Pancasila (P4). Sekarang kan tidak ada lagi," katanya.

"Dengan sarana seperti apel, sarana-sarana peringatan, sepanduk, baliho, media massa. Diharapkan itu dapat mengingatkan kembali bahwa kultur kita ini sudah sangat baik dalam mendukung Pancasila," pungkasnya. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini