91 Kades Terpilih Resmi Dilantik

Editor: Agustiandi author photo

Bupati Ketapang Martin Rantan melantik 91 Kades. (Ist)
Ketapang (Suara Ketapang) Bertempat di halaman kantor Bupati Ketapang, Bupati Ketapang Martin Rantan, SH.,M.Sos usai upacara bendera peringatan HUT RI ke-76 melantik 91 Kepala Desa (Kades) terpilih hasil pemilihan serentak tahun 2021 pada Selasa,   (17/08/2021). 

Sesuai jadwal, sesi pertama pelantikan dilaksanakan pada pukul 08:30 hingga 10:00 WIB, sesi kedua pukul 10:30 hingga 12:00 WIB sedangkan sesi ke tiga 12:30 hingga pukul 14:00 WIB.

Dalam kesempatan tersebut Bupati menyampaikan hal-hal fundamental yang harus dipahami dan dilaksanakan oleh para  kepala desa terpilih. Ditegaskan Bupati, amanah yang akan diemban oleh para kepala desa sangatlah  besar. 

"Segera setelah pelantikan ini para Kepala Desa harus mulai bekerja sesuai dengan tugas, kewajiban dan wewenang yang telah diamanatkan kepada saudara-saudara" ucap beliau.

Selanjutnya beliau memrintahkan para Kepala Desa terpilih agar melaksanakan konsolidasi dan penyelenggaran pemerintahan desa secara transparan dan akuntabel. 

"Sebagai Kepala Desa harus senantiasa meningkat pengetahuan dan pemahaman dalam menyelenggarakan pemerintahan dan menjadi figur yang baik kepada masyarakat," katanya.

"Kepala desa tidak diperkenankan melakukan pemberhentian perangkat desa dengan semena-mena," sambungnya.

Martin berujar dana Desa yang dikelola harus diarahkan untuk dapat memberikan manfaat sebasar-besarnya bagi masyarakat.

"Di masa Covid-19 Kepala Desa beserta tim posko Desa agar senantiasa aktif melaksanakan kegiatan penanganan Covid-19 di Desa sampai ketingkat RT," pesannya.  

Sebagai Kepala Desa, Lanjutnya, harus meningkatkan kepekaan, kesiapsiagaan, dan kesigapan terhadap bencana dan kondisi sosial di masyarakat.

Berdasarkan UU nomor 6 tahun 2014 Kepala Desa harus senantiasa sejalan serta tunduk dan taat kepada peraturan dan kebijakan yang ditetapkan pemerintah daerah dan mendukung program dan kegiatan dalam mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang periode tahun 2021-2026 yaitu melanjutkan ketapang maju menuju masyarakat sejahtera.

Pelantikan tersebut juga dihadiri oleh jajaran Forkopimda, kepala OPD jajaran Pemkab Ketapang, para pejabat di lingkungan Setda Ketapang, serta peserta pelantikan. (r)

Share:
Komentar

Berita Terkini