Haul Perdana Penggagas Suling Kabupaten Ketapang

Editor: Editor : Redaksi author photo
Jema'ah Suling sedang mendengar adzan subuh yang dilaksanakan di Pondok Tahajjud Kelurahan Mulia Kerta Kec. Benua Kayong
Ketapang (Suara Ketapang) - Ratusan jemaah Subuh Keliling (suling) memperingati haul perdana almarhum Abah H. Uti Konsen U.M seorang ulama penggagas suling Kabupaten Ketapang di Pondok Tahajjud Kelurahan Mulia Kerta Kecamatan Benua Kayong, Minggu pagi (22/9/2019).

Selain diisi dengan salat tahajud dan salat  subuh berjamaah, peringatan haul ulama besar Kabupaten Ketapang tersebut juga diisi dengan membaca  surat yasin dan doa bersama.

Usai salat subuh berjamaah, ratusan jema'ah juga menyaksikan video dan foto-foto kenangan almarhum Abah H. Uti Konsen yang dikenal sebagai ulama yang hingga kini tetap menjadi panutan tersebut.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Ketapang Suprapto S mengatakan almarhum H. Uti Konsen adalah seorang ulama besar di Kabupaten Ketapang.

"Beliaulah yang mencetuskan subuh keliling, sembahyang subuh berjamaah yang dilakukan di masjid-masjid secara bergantian, dan itu sudah berjalan selama 17 tahun," katanya.

"Dan amanah beliau kegiatan subuh keliling terus dilaksanakan termasuk salat tahajjud," sambung Suprapto.

Suprapto  berharap dirinya dan seluruh jemaah suling kabupaten Ketapang dapat secara terus menerus menjalankan amanah dari almarhum Abah H. Uti Konsen. Jemaah yang tergabung dalam suling juga diharapkan semakin bertambah banyak.

Sementara itu anak ke empat dari almarhum Abah H. Uti Konsen, Uti Rida Suhanda mengatakan amalan almarhum hanya empat yakni memberikan salam, memberi makanan, salat lima waktu dan salat tahajud.

"Kami sebagai anak dan keluarga besar terus akan berkiprah mengamalkan amal jariah  almarhum yang selama ini telah ditularkan kepada kami anak-anak cucu-cucu terutama dan umumnya adalah untuk masyarakat Kabupaten Ketapang," ujarnya.

"Pesan terakhir hanya dua kepada kami tingkatkan amal ibadah dan yang kedua jangan pernah tinggalkan salat itu wasiat terakhir beliau," sambungnya.

Sementara itu Kapolres Ketapang AKBP Yury Nurhidayat yang selama ini dikenal aktif mengikuti kegiatan Suling menyatakan Polres Ketapang akan terus aktif mengikuti kegiatan yang gagas oleh almarhum.

"Selain untuk beribadah kegiatan ini juga sebagai sarana bermasyarakat, sarana bersosialisasi personel Polres Ketapang dengan masyarakat. Semoga dengan kehadiran Polres Ketapang mengikuti kegiatan subuh keliling masyarakat semakin percaya dan cinta kepada Polri yang bertugas di Polres Ketapang," paparnya.

Almarhum Abah H.Uti Konsen U.M meninggal pada usia 75 tahun, ia meninggalkan kabupaten Ketapang untuk selama lamanya pada 23 September 2018. (Ndi)
Share:
Komentar

Berita Terkini