Peringatan HUT ke 68 Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Ketapang

Editor: Redaksi author photo
Foto bersama : Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Martin Rantan Suprapto S bersama jajaran Forkopimda setempat dan pengurus IBI Ketapang
Ketapang (Suara Ketapang) - Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Ketapang menggelar peringatan hari ulang tahun ke 68. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Borneo Emerald Jumat  (11/10/2019).

Bupati Ketapang Martin Rantan ikut menghadiri kegiatan tersebut. Menurutnya bidan merupakan mitra strategis pemerintah daerah dan sebagai ujung tombak dan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat.

"Pemerintah daerah telah berupaya meningkatkan mutu pelayanan dengan membangun dan meningkatkan jumlah dan kualitas sarana dan prasarana fasilitas pelayanan kesehatan menambah tenaga kesehatan terutama di daerah pedalaman dan sarana penunjang lainnya," kata Martin.

Orang nomor satu di Kabupaten Ketapang tersebut  juga memaparkan berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdes) Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) kesehatan masyarakat Kabupaten Ketapang menunjukan peningkatan dari tahun ketahun.

“IKPM Kabupaten ketapang meningkat dari 0,4867 di tahun 2013 menjadi 0,5402 di tahun 2018, oleh karenanya IKPM Kabupaten Ketapang meningkat dari urutan 10 di tahun 2013, menjadi urutan 8 ditahun 2018, dari 14 Kabupaten kota di provinsi Kalimantan Barat," paparnya.

IPM Kabupaten Ketapang saat ini sudah mencapai 66,41 atau masuk dalam kelompok menengah. Umur harapan hidup bayi yang di lahir tahun 2018  mencapai 70,89 tahun.
Pengurus ranting Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Ketapang

“Namun disisi lain kita masih menghadapi tingginya angka kematian Ibu dan angka kematian bayi di Kabupaten ketapang tersebut merepleksikan tantangan yang menuntut profesionalisme bidan dalam menjalankan tugas juga mencerminkan keinginan untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat “ ujar Martin.

Hingga saat ini jumlah bidan yang ada di Kabupaten Ketapang tercatat sebanyak 775 orang, tenaga medis ini bekerja di Instansi Pemerintah swasta maupun secara mandiri. 

Peringatan hari ulang tahun ke 68 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) tahun 2019 tersebut mengusung tema Bidan melindungi hak kesehatan reproduksi melalui pemberdayaan perempuan dan optimalisasi pelayanan kebidanan. (Ndi) 




Share:
Komentar

Berita Terkini