Hari Kesehatan Nasional Wujudkan Generasi Sehat Untuk Indonesia Yang Unggul

Editor: Redaksi author photo
Senam sehat bersama serta serta lomba yang diadakan di Halaman Parkir City Mall Ketapang
Ketapang (Suara Ketapang) - Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke - 55 Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang menyelenggarakan senam sehat bersama serta serta lomba yang diadakan di Halaman Parkir City Mall Ketapang, Minggu (08/12) Pagi. Dalam kegiatan tersebut hadir juga Staf ahli Bupati Edy Junaidi, S.Sos, Kepala Dinas Kesehatan, Camat Sui Melayu Rayak, Kepala Bappeda Ketapang, Kepala Puskesmas, Panitia, peserta dan lainnya.

Dalam sambutan nya mewakili pemerintah Kabupaten Ketapang Edy Junaidi menyampaikan bahwa Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke - 55 di Kabupaten Ketapang dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2019 dalam suatu rangkaian kegiatan, adapun tema peringatan HKN tahun 2019 adalah "Generasi Sehat Indonesia Unggul". Pembangunan Kesehatan sebagai pelaksanaan amanat undang-undang dasar tahun 1945 telah mencapai hasil yang menggembirakan.

“Pembangunan kesehatan kita telah berkontribusi dalam pembangunan manusia dengan meningkatnya nilai indeks pembangunan manusia dan usia harapan hidup. Meningkatnya indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) Tahun 2018 adalah bukti nyata capaian pembangunan kesehatan sepanjang lima tahun terakhir ini. Antara lain menurunnya angka stunting balita, angka kematian ibu dan angka kematian neonatal.”Tambahnya.

Dikatakan Edy bahwa Strategi pembangunan kesehatan yang kita bangun melalui tiga pilar yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya melalui Jaminan Kesehatan Nasional, melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS - PK), Program Nusantara Sehat (NS) dan Program JKN, bersama seluruh komponen kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor, dengan beragam tantangan dan rintangannya telah berhasil menyelesaikan beberapa masalah-masalah kesehatan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat. Hal tersebut menunjukan dengan kerja bersama kita telah berhasil mempersiapkan generasi sehat untuk indonesia unggul pada tahun 2045.

“Kita berharap generasi sehat yang kita perjuangkan bersama dapat menjadi SDM unggul yang akan mengisi 100 tahun Indonesia Merdeka saat bonus demografi nanti mengantarkan Indonesia menjadi negara yang maju, makmur dan sejahtera.”Harap Edy.

Mantan Kasat Pol PP ini juga berharap agar rangkaian kegiatan dalam peringatan HKN ini bermanfaat untuk seluruh masyarakat dan menjadi ajang mensosialisasikan kegiatan-kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan untuk mewujudkan masyarakat indonesia yang sehat.

“Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran kesehatan, jajaran lintas sektor di daerah dan seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah untuk melaksanakan pembangunan kesehatan dalam mempersembahkan generasi sehat untuk Indonesia Unggul. “ Pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut diserahkan pula tiga Mobil Ambulance Baru untuk Puskesmas Riam, Puskesmas Air Upas, Puskesmas Simpang Dua, serta penyerahan sertifikat penghargaan atas partisipasi dalam akselerasi capaian SPM Bidang Kesehatan kepada Kecamatan Sungai Melayu Rayak dan penyerahan tanda penghargaan Bupati kepada tenaga kesehatan teladan yang diwakili oleh Bapak Alysius Dedi Perawat Puskesmas Hulu Sungai yang diserahkan oleh Staf Ahli Bupati yang mewakili Bupati Ketapang (Humas Pemkab Ketapang)

Share:
Komentar

Berita Terkini