Pemkab Ketapang Peringati Hari Bela Negara ke 71

Editor: Redaksi author photo
Sekertaris Pemerintah Kabupaten Ketapang Farhan bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan hari bela negara 
Ketapang (Suara Ketapang) - Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati hari Bela Negara ke 71 di halaman Kantor Bupati Ketapang, Kamis (19/12/2019). Sekertaris Pemerintah Kabupaten Ketapang Farhan bertindak sebagai inspektur upacara.

Saat membacakan amanat presiden Jokowi,  Farhan menyatakan salah satu berkah yang telah mengantarkan kemerdekaan tanah air adalah digalinya kembali Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup ‎bangsa, dan nilai dasar bela negara.

Farhan melanjutkan, dalam mengingat sejarah silam, pada Desember 1948 di Bukittinggi  untuk membela kelangsungan hidup bangsa dan negara, berbagai wujud bela negara telah susul-menyusul silih berganti, untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Negara Kesatuan ‎Republik Indonesia tetap dan akan terus  eksis  untuk selama-lamanya.

"‎Dewasa ini, kita sama-sama cermati bahwa tantangan yang dihadapi  bangsa dan negara kita, semakin hari semakin berat dan beragam bentuknya. Sebagaimana yang telah diingatkan oleh Bung Karno, bahwa perang modern bukan sekadar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat," ujar Farhan.

‎Ia menambahkan, aksi nasional bela negara ini juga harus dilengkapi keahlian SDM dengan pengamalan nilai-nilai bela negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara.

"‎Dengan demikian, bagi yang berbakti dalam birokrasi pemerintahan, teruslah mereformasi diri serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas  pelayanan publik. Yang belajar dan mengajar, teruslah meningkatkan kearifan dan pengabdian ke masyarakat berbasis nilai-nilai kebangsaan kita," pesan Farhan.

Ia melanjutkan, yang mengabarkan berita, teruslah menjadi penerang informasi masyarakat  secara jujur, berimbang, dan bertanggungjawab. Serta yang menjalankan  usaha, tingkatkanlah terus daya saing secara sinergis dengan segenap tujuan  negara.

"Demikian pula segenap masyarakat  dengan beragam profesinya, jadikan bidang profesi masing-masing sebagai  ladang bela negara," ujarnya. (Ndi)
Share:
Komentar

Berita Terkini