Tes Tertulis Via Online Calon Panwascam Kabupaten Ketapang

Editor: Redaksi author photo
Komisioner Bawaslu Kabupaten Ketapang memantau jalannya test tertulis via online di ruang laboratorium komputer SMA N Ketapang, Jum'at (13/12/2019). 
Ketapang (Suara Ketapang) - Sebanyak 72 orang peserta calon Panwascam yang berada di zona satu melaksanakan tes tertulis via online di Ruang Laboratorium Komputer SMAN 2 Ketapang, Jumat (13/12/2019).

Ketua Pokja Pembentukan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan, Bawalsu Kabupaten Ketapang, Syarifah Herlina, mengatakan zona satu tersebut terdiri dari kecamatan Kendawangan, Matan Hilir Selatan, Benua Kayong,  Delta Pawan, Muara  Pawan dan Matan Hilir Utara.

"Pelaksanaan tes tertulis dilakukan secara online dengan metode Socrative yang dimulai pukul 08:00 WIB pagi tadi," kata Syarifah Herlina.

Selain mengisi 100 soal via online peserta juga diwajibkan mengisi angket yang telah disiapkan Bawaslu Republik Indonesia. Usai mengisi 100 soal melalui komputer calon pengawal demokrasi  ditingkat kecamatan itupun langsung bergerak ke kantor Bawaslu Ketapang untuk menjalani test Wawancara.

"Test wawancara di kantor Bawalsu Ketapang dimulai pada pukul  pukul 10:00 WIB, hingga selesai seluruh kecamatan yang berada pada zona satu," katanya.
Peserta tes Panwascam tampak berkonsentrasi dalam mengisi soal 
Lebih jauh Syarifah Herlina mengatakan Bawaslu Kabupaten Ketapang sudah membagi lokasi tes ke dalam  tiga zona.

"Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan akses peserta menjangkau lokasi tes terdekat dari tempat domisilinya, sehingga lebih efesien dari segi waktu tempuh dan biaya transportasi," ujarnya.

Ia mengatakan, zona dua terdiri dari Kecamatan Pemahan, Nanga Tayap, Sandai, Hulu Sungai, Sungai Laur, Simpang  Dua dan Simpang Hulu. Zona dua akan di ikuti 51 peserta tes. Mereka akan test di Aula Serbaguna Kecamatan Sandai.

"Zona tiga  terdiri dari Kecamatan Tumbang Titi, Sungai Melayu Rayak, Jelai Hulu, Marau, Singkup, Air Upas, serta Manis Mata, akan di ikuti sebanyak 32 orang peserta, bertempat di gedung SMAN 1 Kecamatan Marau," ucapnya.

Syarifah Herlina mengatakan, pelaksanaan tes tertulis di zona dua dan zona tiga dilakukan secara serentak pada hari Minggu, (15/12/2019), dimulai pukul 08:00 WIB pagi.

"Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi jangan sampai terjadi kebocoran soal tes," imbuhnya.

Berbeda dengan zona satu, zona dua dan tiga, tes tertulis tidak dilakukan secara online melalui aplikasi atau metode Socrative namun hanya dengan test tertulis dengan cara manual.
Test wawancara yang di laksanakan di Kantor Bawaslu Kabupaten Ketapang 
"Dengan cara tes tertulis manual dikarenakan terkendala koneksi internet yang kurang stabil," ujarnya.

Pelaksanaan tes tertulis nantinya juga akan di pantau langsung oleh Tim dari Bawaslu Provinsi Kalimanatan Barat yang akan turun di masing-masing zona. Sementara kelanjutan untuk pelaksanaan tes wawancara di masing-masing zona, rencananya akan dilakukan di tempat yang sama segera selepas tes tertulis selesai dilaksanakan. 

Merujuk pada jadwal, calon Panwascam yang dinyatakan lulus nantinya akan dilantik pada 22 hingga 23 Desember 2019. (Ndi) 
Share:
Komentar

Berita Terkini