49 OPD Terima Piagam SAKIP

Editor: Agustiandi author photo

Foto bersama saat acara penyerahan hasil evaluasi implementasi SAKIP tahun 2018 di lingkungan Pemda Ketapang. Acara ini berlangsung di ruang rapat kantor bupati Ketapang, Rabu (22/1/2020). 
Ketapang (Suara Ketapang) - 49 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menerima piagam penghargaan evaluasi implementasi Sistem Akuntabilitas kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari Bupati Ketapang Martin Rantan, Rabu (22/1/2020).

Kegiatan yang berlangsung di ruang rapat kantor bupati Ketapang tersebut dihadiri  Wakil Bupati Drs H Suprapto.S, Sekda H M Farhan, SE., M.Si, Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs Heronimus Tanam ME. Kepala Inspektorat Kabupaten Ketapang  Devi P.Frantito S.Sos, M.Si. para Kepala Dinas kepala Badan dan para Camat Sekabupaten Ketapang.

Adapun Unit kerja yang meraih katagori CC dengan nilai tertinggi terdiri dari Badan Kepegawaian dan pengembangan  Sumber Daya manusia, Inspektorat, Badan perencanaan Pengembangan Daerah Badan Pendapatan daerah.

Martin Rantan menjelaskan sasaran penilaian adalah seluruh komponen dari manajemen kinerja yang terdiri dari, perencanaan kinerja 30 persen, pengukuran kinerja 25 persen, pelaporan kinerja 25 persen, evaluasi internal, 10 persen  dan terakhir pencapaian sasaran kinerja organisasi 20 persen.

Selanjutnya SAKIP merupakan sebuah system dimana antara komponen yang satu dengan yang lain terkait jadi keberhasilan itu bukan saja ditentukan oleh bagian organisasi BAPPEDA atau inspektorat semata, akan tetapi sangat ditentukan pula oleh komitmen yang tinggi dari segenap komponen Pemerintah daerah kabupaten Ketapang.

Kegiatan evaluasi Implementasi SAKIP tersebut kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh aparat pengawasan intern pemerintah (APIP) dalam hal ini inspektorat kabupaten Ketapang, kegiatan dimaksud untuk menghasilkan rekomendasi perbaikan kinerja bagai manajemen pemerintahan.

Sementara itu hasil evaluasi dituangkan dalam bentuk nilai dengan kisaran mulai dari 0 sampai dengan 100 dan kemudian dikatagorikan lagi parameter huruf AA,A,BB.B.CC.C dan D

“Hasil evaluasi ini menunjukan kondisi real yang harus kita terima kenyataannya saat ini, inilah kualitas pelaksanaan SAKIP di Kabupaten Ketapang," ujar Martin.

Oleh karenanya dalam kesempatan tersebut Bupati meminta kepada semua Kepala perangkat daerah dan jajarannya untuk segera melakukan pembenahan pembenahan terkait budaya lama yang kurang relevan dengan SAKIP ini.

“Pelajari seluruh komponen komponen pendukung SAKIP, ambil langkah langkah korektif sehingga pelaksanaan SAKIP masing masing unit kerja dapat segera terwujud dengan baik," ajak Martin. 

Kedepan Bupati berharap ada system pertanggungjawaban setiap OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Ketapang untuk setiap tahun anggaran berupa rapor kinerja serta teknis eknis lainnya, yang bisa menjamin pelaksanaan SAKIP ini dapat berjalan dengan baik.

Ditambahkannya untuk target nilai SAKIP untuk Kabupaten Ketapang tahun 2021 disebutkan Bupati adalah “B” sedangkan nilai SAKIP Kabupaten Ketapang sangat bergantung juga dari nilai SAKIP OPD.

“Penuhi seluruh komponen penilaian SAKIP saya akan melakukan control dan evaluasi kembali,” tegasnya. (Ndi) 
Share:
Komentar

Berita Terkini