Pemkab Ketapang Galakkan Tanam Pohon

Editor: Agustiandi author photo
Bupati Ketapang Martin Rantan tengah menanam pohon
Ketapang (Suara Ketapang) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang kini tengah menggalakkan penanaman pohon guna melakukan penghijauan.

Untuk membangkitkan gairah masyarakat menanam pohon, Bupati Ketapang Martin Rantan bersama jajaran Forkopimda dan Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Ketapang memulai menanam ratusan pohan disejumlah titik di wilayah Kota Ketapang.

Pada kesempatan tersebut Martin Rantan mengajak seluruh masyarakat untuk dapat turut serta dalam melakukan penghijauan dengan melakukan penanaman pohon di wilayah masing-masing.

“Era saat ini lahan kosong banyak hilang, hutan yang disebut paru-paru dunia mulai menipis, tentu itu semua dapat menimbulkan dampak negatif bagi alam dan kehidupan kita semua,” katanya.

Untuk itu, penanaman pohon guna penghijauan menjadi sebuah solusi yang penting, sebagai upaya memperbaiki alam, terlebih dampak positif penanaman pohon tentunya akan dirasakan manusia itu sendiri.

“Dengan penghijauan tentu polusi udara berkurang, lingkungan menjadi asri, ini merupakan wujud dari visi misi kita yaitu pengolahan sumberdaya alam Kabupaten Ketapang dengan memperhatikan lingkungan hidup,” terangnya.

Ia menambahkan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan guna menggalakkan penanaman pohon untuk penghijauan seperti reboisasi, pembuatan taman kota dan lainnya. Namun hal terpenting perlu kesadaran bagi kita semua akan pentingnya hal ini.

“Kita tidak boleh menunggu orang lain atau pemerintah, karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama, melakukannya mulailah dari hal kecil dengan menyisakan lahan untuk ditanami pohon di lingkungan rumah dan menjaga kebersihan lingkungan,” ajaknya.

Iapun meminta masyarakat tidak hanya melakukan penanaman satu jenis pohon namun berbagai jenis pohon sebagai cerminan dari Kabupaten Ketapang yang terdiri dari keberagaman.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim-LH), Dennery mengatakan, sedikitnya ada 305 batang pohon yang akan ditanam.

“Penanaman dimulai hari ini (Jum’at) dibeberapa titik, seperti seperti di Jalan Gajah Mada, Pantai Pecal serta Jalan Mulia Baru menuju ke arah lingkar kota,” katanya.

Ie malanjutkan, 350 batang pohon tersebut terdiri dari berbagai jenis pohom diantaranya trembesi, mahoni, tanjung hingga sengon. Yang pengadaan bibit pohon pihaknya bekerjasama dengan pihak dinas pertanian sedangkan untuk titik-titik penanaman pihaknya berkoordinasi dengan pihak desa setempat.

“Kegiatan ini merupakan satu diantara program Bupati Ketapang dalam hal melakukan penghijauan dengan menggalakkan gerakan menanam pohon. Tadi juga Bupati dan Forkompimda hadir melakukan penanaman pohon tersebut,” pungkasnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini