Pemkab Ketapang Salurkan Bantuan Pangan pada 42.492 KPM

Editor: Redaksi author photo
Beras dari gudang Bulog Ketapang siap didistribusikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) 
Ketapang (Suara Ketapang) - Pemerintah Daerah (Pemda) Ketapang melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana akan menyalurkan bantuan pangan beras kepada 42.492 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan yang ada di Kabupaten Ketapang.

Tujuan bantuan diberikan pangan berupa beras tersebut sebagai upaya Pemda Ketapang mengurangi beban hidup rumah tangga miskin yang paling rentan terdampak sistemik penerapan kebijakan pemerintah dalam pencegahan penyebaran dan pengendalian wabah Covid-19.

Kepala Dinas Sosial Ketapang, Akia menyebutkan, bantuan yang disalurkan pada rumah tangga miskin di Ketapang yang tercatat dalam DTKS dengan indeks 20 kilogran per KK.

"Hari ini, bantuannya sudah mulai kita salurkan," ucap Akia, Rabu (1/4/2020).

Menurut Akia pendistribusi dilakukan secara bertahap, dimana untuk tahap pertama, dikatakannya masing-masing KK menerima 10 kilogram. Sedangkan tahap dua masih menyesuaikan situasi dan kondisi perkembangan penyebaran Covid-19.

"Penyaluran langsung kita serahkan ke seluruh Kecamatan di Ketapang. Dalam pendistribusian pada KPM, itu melalui pemerintah desa masing-masing sesuai data yang kita terima," ujarnya.

Dia menambahkan, kesiapan beras berjenis medium yang disalurkan pada tahap pertama telah tersedia. Bahkan, dia menyebut jika Bulog Sub Divrei Ketapang sudah memastikan ketersediaan tersebut.

"Intinya dalam situasi saat ini, pemerintah terus berupaya semaksimal mungkin menanggulangi dampak wabah pandemi Covid-19.  Semoga penyaluran tahap dua juga bisa kami realisasikan secepat mungkin," tambah Mantan Sekretaris Bappeda Ketapang ini.

Diketahui sebelumnya, pada tanggal 27 Maret 2020, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) telah mengirim surat ke Pemda Ketapang agar menyalurkan bantuan beras guna penanganan Covid-19 di Kalbar. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini