Wabup Ajak Masyarakat Peka Terhadap Gejala Ekstrimisme Di Lingkungan Sekitar

Editor: Agustiandi author photo

Wakil Bupati Ketapang Farhan
Air Upas (Suara Ketapang) - Wakil Bupati Ketapang Farhan menghadiri peletakan batu pertama Sekretariat MWC NU dan lakukan dialog kebangsaan dengan tema, "Merajut Semangat Kebangsaan", di Kecamatan Air Upas pada Senin (29/3/2021). 

Dalam prolognya, Wabup mengajak seluruh peserta untuk flashback, bagaimana Negara Indonesia bisa meraih kemardekaan. 

Wabup menjelaskan bagaimana Kemerdekaan diraih dengan sebuah perjuangan, pengorbanan tanpa memandang suku, ras, kulit, dan agama. Menurutnya, semua anak bangsa berjuang bersama merebut kemerdekaan.

"Bhineka tunggal ika itu menjadi hal yang prinsip, sebagai pondasi bangsa ini. Makanya pondasi bangsa itu ada 4, yaitu Undang - undang Dasar 1945, Pancasila, Bhineka tunggal ika, ke empat itu, setelah kita pegang semua itu, lahirlah NKRI. Sejarah sudah mencatat itu,"Ujar Wabup.

Selain itu, melalui dialog tersebut, Wabup juga menghimbau seluruh pihak untuk peka terhadap lingkungan sekitar, khususnya terhadap aliran atau keyakinan yang ekstrim (baca :ekstrimisme), yang dapat menimbulkan gejolak dimasyarakat.

"Misal, sebelah rumah ini kita sudah tahu ada paham yang salah, dibiarkan, tidak peduli. Dari sejak awal kita harus merespon, melihat tingkah laku tetangga yang agak berbeda, itu harus segera dilakukan pembahasan, diinfokan ke aparat pemerintah, di Kecamatan Air Upas ini ada camat, sektor kepolisian, ada bhabinsa, tokoh masyarakat, adat, agama," pungkasnya. (r)


Share:
Komentar

Berita Terkini