Bupati Ketapang Membuka Musrenbang Kabupaten Ketapang RKPD Tahun 2023

Editor: Agustiandi author photo

Bupati Ketapang Martin Rantan. (Prokopim Kabupaten Ketapang)
Ketapang (Suara Ketapang) -Bupati Ketapang Martin Rantan, bersama Wakil Bupati Ketapang H. Farhan, membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) Kabupaten Ketapang RKPD tahun 2023, Senin (28/03/2022) bertempat di Hotel Grand Zuri Ketapang.

Kegiatan ini juga berlangsung secara virtual yang dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, dan Beliau juga memberikan arahan kepada peserta Musrenbang Kabupaten Ketapang.

Bupati Ketapang dalam sambutannya menyampaikan penyelenggaraan musrenbang tingkat Kabupaten ini merupakan amanat undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan peraturan menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017.

"Perencanaan Musrenbang RKPD merupakan suatu mekanisme perencanaan tahunan yang dilaksanakan dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan (partisipatif) yang bertujuan untuk mempertajam sasaran, indikator serta program pembangunan daerah," ujarnya.

Bupati berharap kepada semua kepala perangkat daerah dan aparatur diperangkat daerah serta seluruh stakeholder untuk berpikiran terbuka, memiliki visi ke depan, terintegratif dan inovatif.

"Keseriusan serta komitmen masing-masing kepala perangkat daerah sangat dibutuhkan sehingga menyusun program/kegiatan dapat memperhatikan output (keluaran), outcome (hasil) impact (dampak) untuk mencapai target-target indikator tujuan dan sasaran dalam mewujudkan visi dan misi kepala daerah yang tertuang di dalam RPJMD tahun 2021-2026," tegasnya.

Selain itu ia juga minta kepala seluruh perangkat daerah agar pro aktif mengajukan usulan pembiayaan kepada pemerintah provinsi dan juga usulan pembiayaan kepada pemerintah melalui kementerian terkait baik dana APBN, tugas pembantuan, dekonsentrasi, ataupun APBD Provinsi sesuai prioritas daerah yang bersinergi dengan prioritas pembangunan Provinsi maupun nasional.

"Kami berharap Bapak/Ibu sekalian dapat memberikan masukan dan saran terbaik dalam menyempurnakan rancangan RKPD Kabupaten tahun 2023 ini. Semua masukan dan saran ini tentu akan menjadi sumbangsih dalam pembangunan daerah Kabupaten Ketapang," jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Ketapang Alexander Wilyo, S.STP.,M.Si, anggota DPR RI asal Kalbar Thomas Alexander., S.Sos.,M .Si, anggota DPRD Provinsi Kalbar H. Rasmidi., S.E .,MM, Dandim 1203/Ketapang Letkol Inf.Alim Mustofa, Danlanal Ketapang Letkol Laut (P) Abdul Rajab Bodro M.Tr.Hanla, Kapolres Ketapang diwakili Kabag Ren AKP.Jumadi, Para Asisten, staff ahli Bupati, Kepala OPD Ketapang para Camat, paniti dan undangan lainnya. (r)

Share:
Komentar

Berita Terkini