Ruas Jalan Pelang-Batu Tajam Mulai Nyaman Dilalui Kendaraan

Editor: Redaksi author photo

Ruas jalan Pelang-Batu Tajam diperbaiki dengan merekondisi jalan dan penimbunan batu pada lobang jalan. (Istimewa).
Ketapang (Suara Ketapang) - Ruas jalan Pelang Batu Tajam mulai nyaman dilalui, setelah pemerintah Kabupaten Ketapang bersama pihak swasta memperbaiki kondisi jalan tersebut. Akses yang cukup ramai mobilitas kendaraan itu mulai diperbaiki pada awal bulan Maret ini. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Ketapang, Dennery yang turun langsung memantau pelaksanaan perbaikan jalan, Jumat (4/3/2022) mengatakan, perbaikan sementara ini sesuai intruksi dan arahan pimpinan yakni Bupati dan Wakil Bupati dengan tujuan sebagai upaya menanggulangi kerusakan jalan yang saat ini terjadi.

"Perbaikan sementara sudah berlangsung beberapa hari, dimulai dari Parit Berdiri hingga Tembelina nantinya sepanjang 50 kilometer," katanya.

Dennery memaparkan, perbaikan jalan sementara ini dilakukan oleh beberapa perusahaan dengan saling bekerjasama, seperti PT SRM yang menyumbang batu kemudian diangkut oleh PT Arrtu, dan pihak PT BGA yang melakukan rekondisi jalan serta beberapa perusahaan lainnya.

"Untuk item perbaikan penimbunan dan pembentukan rekondisi jalan dengan teknis penarikan dari tepi ke tengah dengan posisi 4-6% kemiringan jalan sebagai upaya pencegahan agar tidak cepat rusak kembali," terangnya.

Dennery menambahkan, ke depan pihaknya berencana akan meletakkan UPPU atau UPTD Albal dilokasi posko penjagaan api di Pelang dengan menstanbaykan sejumlah alat.

"Nanti alat akan kita stay disini berupa greder, vibro, mobil dum truck dan eksavator yang diperuntukan untuk pemeliharaan atau penanggulangan kerusakan secara rutin, jadi tidak perlu menunggu kerusakan parah untuk di perbaiki jika alatnya stay disini," akunya.

Dennery berharap ke depan ada manajemen pengaturan angkutan beban kendaraan lantaran jika tonase beban jalan hanya 8 tom maka angkutan kendaraan diharapkan tidak melebihi tonase jalan.

Ini sebagai upaya penanggulangan kerusakan, sebab Pelang-Batu Tajam rentan rusak, selain karena kontruksi jalan mayoritas berupa gambut dengan kedalaman 4-16 meter, jalan ini juga merupakan jalan yang penuh mobilitas kendaraan.

"Penuh mobilitas, selain menyatukan beberapa Kecamatan jalan ini menyambungkan Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Sukamara," pungkasnya. (Ndi)


Share:
Komentar

Berita Terkini