Banjir di Jelai Hulu Tenggelamkan Setengah Rumah Warga

Editor: Agustiandi author photo

Rumah warga terendam banjir di Desa Kusuma Jaya Kecamatan Jelai Hulu Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat, Jumat (21/7/2023). (Ist).
Jelai Hulu (Suara Ketapang) - Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Kecamatan Jelai Hulu Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat, sejak sore hingga pagi hari. Akibatnya Sungai Jelai Kanan meluap dan merendam pemukiman warga, Jumat (21/7/2023).

Meluapnya Sungai Jelai Kanan, membuat sejumlah desa terendam banjir. Banjir terparah meredam Desa Kusuma Jaya. Ketinggian air mencapai 2,5 meter. Tingginya debit air bahkan menenggelamkan setengah rumah warga.

"Banjir terparah di Desa Kusuma Jaya, ketinggian air 2,5 meter dari permukaan jalan, bahkan ada yang setengah dari rumah sudah terendam banjir," kata Kepala Desa (terpilih) Riam Danau Kanan Rustam Effendi.

Menurut Rustam Effendi, sejumlah warga terpaksa mengungsi ke rumah keluarga masing-masing. Kendati demikian ada juga yang memilih bertahan.

Sementara itu Kapolsek Jelai Hulu, IPDA Ruswanto mengungkapkan, sedikitnya 50 rumah warga yang terendam banjir. 

"Akibat curah hujan tinggi, secara keselurahan banjir di Jelai Hulu meredam lima desa, yang terparah adalah Desa Kusuma Jaya," ujarnya.

Ruswanto menyampaikan, sebagian warga ada yang mengungsi ke rumah keluarganya masing-masing. Pihaknya juga melakukan monitoring secara langsung di lokasi yang terdampak banjir.

"Saat ini yang jadi prioritas anak-anak dan lansia," pungkasnya. 

Share:
Komentar

Berita Terkini