Pemkab Ketapang Komitmen Kembangkan Seni Budaya Daerah

Editor: Agustiandi author photo
Pentas seni budaya daerah yang berlangsung di Gedung Pancasila Ketapang, Sabtu (19/10/2019) malam 
Ketapang (Suara Ketapang) - Pemerintah Kabupaten Ketapang berkomitmen untuk tetap memelihara, melestarikan dan mengembangkan seni budaya daerah.

Satu diantara  wujud kepedulian Pemda Ketapang guna mengembangkan seni budaya daerah adalah mengalokasikan dana melalui Kantor Kesbang Pol dan Linmas Kabupaten Ketapang, untuk melaksanakan kegiatan festival seni budaya daerah.

Hal tersebut disampaikan Plt Asisten II Setda Ketapang Edi Junaidi  dalam kegiatan Pentas Seni dan Budaya, Festival, Lomba Cipta dalam Upaya Peningkatan Wawasan Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Kantor Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Ketapang di Gedung Pancasila, Sabtu (19/10/2019) Malam.

Edi Junaidi menyatakan seni dan budaya yang hidup dan berkembang ditengah masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan. Karena seni dan budaya adalah hasil dari cipta, rasa dan karya manusia untuk menjadikan hidup menjadi bermakna.

"Dengan seni hidup menjadi indah, dengan budaya hidup menjadi bermakna dan bermartabat. oleh karena itu, seni budaya harus dilestarikan dipertahankan dan dibina terus menerus agar tidak musnah ditelan oleh zaman," kata Edi Junaidi.

Menurut Edi pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri sesuai dengan peraturan presiden nomor 11 tahun 2015, berkomitmen untuk tetap mempertahankan seni dan budaya nasional termasuk seni dan budaya daerah untuk peningkatan wawasan kebangsaan.

"hal ini tertuang dalam keputusan presiden yaitu adanya direktorat khusus yang menangani ketahanan ekonomi sosial dan budaya, sedangkan di daerah ditangani oleh badan/kantor yang menangani masalah wawasan kebangsaan," paparnya.

Ia pun menyambut baik kegiatan tersebut dan berharap agar kegiatan festival seni budaya kali ini dapat menghasilkan pemenang terbaik dan menjadi generasi muda yang peduli terhadap warisan seni dan budaya, dan sekaligus mempunyai wawasan kebangsaan yang luas.

"Dalam kesempatan ini saya mengajak seluruh komponen masyarakat terutama para generasi muda, para pelajar dan mahasiswa, mari kita bersama - sama tetap memelihara, melestarikan dan mengembangkan nilai - nilai budaya daerah untuk pengembangan dan peningkatan wawasan kebangsaan kita agar tetap eksis dan menjadi kekayaan dan kebanggaan kita bersama," pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut hadir juga Kepala Kesbangpol yang diwakili Kasi Wawasan Kebangsaan, para pelajar peserta festival dan undangan lainnya. (Ndi)
Share:
Komentar

Berita Terkini