Suprapto S : “Setiap Bangunan Walet Harus Memiliki Izin IMB”

Editor: Redaksi author photo
Wakil Bupati Kabupaten Ketapang Suprapto S
Ketapang (Suara Ketapang) - Wakil Bupati Ketapang Suprapto S resmi membuka rapat koordinasi optimalisasi peningkatan penerimaan pajak sarang burung walet Kabupaten Ketapang tahun 2019, di aula bapenda Kabupaten Ketapang, Kamis, (28/11/2019).  

Suprapto S menekankan setiap orang pribadi dan atau usaha yang melakukan kegiatan pengelolaan dan pengusahaan sarang burung walet baik yang ada di habitat alami dan diluar habitat alami harus mempunyai izin sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku.

“Setiap bangunan walet harus memiliki izin mendirikan bangunan (IMB), dan dalam rangka penataan dan penertiban khusus bangunan walet yang sudah berdiri akan dilakukan pemutihan perizinan IMB,” kata Suprapto pada sambutannya.

Ia mengatakan pemegang izin usaha pengelolaan dan pengusahaan sarang burung walet diwajibkan menjaga ketertiban, keamanan, kebersihan dan kesehatan serta keindahan dilingkungan tempat usahanya.

“Pemegang izin usaha pengelolaan dan pengusahaan sarang burung walet juga wajib mencegah terjadinya kerusakan atau pencemaran lingkungan dan mentaati semua ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku lainnya berkaitan dengan pengelolaan dan pengusahaan sarang burung walet,” tegasnya.

Ia mengatAkan, pemegang izin usaha pengelolaan dan pengusahaan sarang burung walet dilarang mengelola dan mengusahakan sarang burung walet di sekitar lokasi atau tempat peribadatan, perkantoran pemerintah, sarana pendidikan, rumah sakit, klinik kesehatan, dan fasilitas umum lainnya.

“Melaksanakan pendataan wajib pajak sarang burung walet, meningkatkan peran camat, kepala desa dan lurah dalam rangka pendataan pajak daerah, termasuk pajak sarang burung walet serta memberikan peringatan, sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya.

Hal tersebut, lanjut Suprapto harus dilakukan dalam rangka menata, mengatur, menertibkan, mengawasi dan memantau kegiatan pengelolaan dan pengusahaan sarang burung walet serta menajaga kelestarian habitat dan populasi burung walet. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini