Sekda Ketapang Tutut Lomba Karya Ilmiah Tingkat Pelajar Dan Guru SMP/MTs

Editor: Redaksi author photo
Sekda Ketapang H. Farhan, SE.,MSi menyerahkan hadiah pada pemenang Lomba Karya Ilmiah tingkat pelajar dan guru SMP/MTs  Se Kabupaten Ketapang 

Ketapang (Suara Ketapang) -Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang H. Farhan, SE.,MSi resmi menutup langsung acara Lomba Karya Ilmiah tingkat pelajar dan guru SMP/MTs se-Kabupaten Ketapang  yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BALITBANGDA) dimulai dari tanggal 10-12 Maret yang diadakan di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Ketapang, Kamis (12/3/0220).

Hadir dalam penutupan tersebut Kepala BALITBANGDA, Tim penilai dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Camat, Kepala Sekolah, Guru pembimbing, Peserta, Panitia, undangan dan lainnya.

Pemenang dari lomba karya ilmiah dibacakan langsung oleh tim penilai dari LIPI yaitu dari kelompok IPA juara pertama dari SMP Negeri 1 Sungai Melayu Rayak, juara kedua dari SMP Swasta Ulil Albab Delta Pawan, juara ketiga SMP Negeri 4 Benua Kayong.

Dari kelompok IPS juara pertama SMP Negeri 4 Matan Hilir Selatan, juara kedua SMP Negeri 1 Delta Pawan, juara ketiga SMP Negeri 2 Benua Kayong.

Sekda Ketapang dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para pemenang, jangan mudah puas apa yang sudah dicapai sekarang tapi tingkatkan lagi kemampuan masing-masing dalam penelitian.

"Kepada peserta yang belum beruntung jangan mudah menyerah dan putus asa dalam berkompetisi, semua karya tulis kalian penuh dengan inovasi dan baik namun karena ini adalah kompetisi sudah seharusnya ada yang menang dan ada yang kalah." Tambah Farhan.

Sekda juga menyampaikan bahwa di tengah perkembangan teknologi informasi, pada saat ini, kemajuan media massa dan elektronik telah memberikan ruang dan kesempatan untuk menulis, terlebih pada sebuah penulisan karya tulis ilmiah.

"Selain bertujuan untuk meningkatkan keterampilan/ kemahiran/ kemampuan peserta khususnya pelajar dalam menuangkan pemikiran ke dalam tulisan sesuai standar penulisan karya ilmiah, peserta juga mampu menguraikan permasalahan aktual yang dihadapi dengan menggali potensi-potensi yang ditemukan di lingkungan sekitar, dan mampu memberikan atau menawarkan solusi berupa ide-ide kreatif sebagai respon intelektual atas permasalahan tersebut."Jelas Sekda.

Oleh sebab itu dikatakan Sekda bahwa  kita perlu menggali potensi-potensi yang ada di daerah kita untuk dikembangkan menjadi inovasi yang dapat dijadikan alat pendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu kepala BALITBANGDA Ketapang Dr. Ucup Supriatna, M.Pd mengatakan bahwa peserta yang mendapat nilai terbaik akan diikut sertakan pada pelaksanaan perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) di Kabupaten Temanggung (Jawa Tengah) yang akan diselenggarakan pada tanggal 28 Juni s/d 4 Juli 2020.

"Dimana seluruh transportasi pergi dan pulang akan dibiayai oleh Badan Pengembangan dan Penelitian Daerah Kabupaten Ketapang melalui dana APBD 2020, sedangkan untuk dana akomodasi selama kegiatan PIRN ditanggung oleh pihak penyelenggara setempat." Ucapnya (R)
Share:
Komentar

Berita Terkini