Domong Adat Banua Simpang Resmi Dikukuhkan dan Dilantik

Editor: Agustiandi author photo

Raja Ulu Aik, Petrus Singa Bansa melantik dan mengukuhkan para demong adat. 
Simpang Hulu (Suara Ketapang) - Raja Ulu Aik, Petrus Singa Bansa melantik dan mengukuhkan para demong adat. Kegiatan itu dilakukan di Kecamatan Simpang Hulu, Sabtu (28/11/2020). Pelantikan dan pengukuhan demong adat tersebut diselenggarakan disela-sela acara peresmian rumah adat Dayak Kecamatan Simpang Hulu.


Sebelum prosesi adat pengukuhan, dilakukan terlebih dahulu makan beradat yang diikuti seluruh pihak yang hadir dalam kesempatan tersebut.


Pengukuhan domong adat diantaranya LM Arif yang dikukuhkan sebagai Kanuroh Awam III Banua Simpang beserta para pateh, dan Tamongoknv Adat 15 Desa se-Kecamatan Simpang Hulu serta dilaksanakan juga pelantikan dan pengukuhan pengurus lembaga adat kenduruhan awan III Banua Simpang.


“Daulat diwata di pucuk mengukup di bawah menengadah, dan atas restu para leluhur serta raja-raja ulu aik sebelum saya, maka dengan ini saya Petrus Singa Bansa Raja Ulu Aik ke-51 resmi mengukuhkan dan melantik saudara-saudara sebagai domong adat Banua Simpang diantaranya LM Arif sebagai Kanuroh Awan III Banua Simpang, para Pateh 15 Desa se Banua Simpang, para Tamongongk 15 Desa se Banua Simpang dan seluruh pengurus lembaga adat kenduruhan awan III Banua Simpang,” ungkap Raja Ulu Aik dalam maklumatnya.


Petrus berharap, agar semua yang telah dilantik dan dikukuhkan diberikan kekuatan dan petunjuk dalam menjalankan tugas, tanggung jawab dan wewenang baik sebagai Domong Adat dan Pengurus Lembaga Adat Banua Simpang.


“Semoga semua dapat menjaga, mempertahankan dan menegakkan hukum adat, adat istiadat, ritual adat, tradisi adat dan budaya dayak di Banua Simpang, dengan sejujur-jujurnya dan seadil-adilnya,” harapnya. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini