Wajah Baru Jembatan Pawan I

Editor: Redaksi author photo

Jembatan Pawan I. Jembatan yang menghubungkan Kecamatan Delta Pawan dengan Kecamatan Benua Kayong ini tampak kian indah dengan hiasan lampu beragam warna
Ketapang (Suara Ketapang) - Tahun 2020 ini Pemkab Ketapang benar-benar membuat wajah kota menarik. Tak hanya membuat jalur khusus pejalan kaki di Jalan Jenderal Sudirman , pemerintah juga membuat jembatan Pawan I dipenuhi cahaya. Dengan hiasan beragam warna, jembatan yang menghubungkan kecamatan Delta Pawan dan Kecamatan Benua Kayong tampak sangat indah. 


Bupati Ketapang Martin Rantan bersama jajaran meninjau secara langsung jembatan Pawan I pada Minggu (6/12/2020) dini hari. Ia pun mengaku senang ketika melihat jembatan yang dipenuhi lampu warna warni, sehingga menambah keindahan kota Ketapang.


Menurut Martin, pemasangan lampu Jembatan Pawan I memang telah diprogramkan Pemkab Ketapang dan sudah teranggarkan di APBD Perubahan tahun 2020.


"Semuanya dianggarakan melalui APBD Perubahan. Pemasangannya dilakukan pada bulan November 2020 melalui Dinas Perhubungan,” kata Martin.

Bupati Ketapang Martin Rantan (kanan) didampingi PJ. Sekda Kabupaten Ketapang Heroninus Tanam saat meninjau jembatan Pawan I, Minggu (6/12/2020) dini hari.

Dia mengungkapkan, pemasangan lampu berwarna tidak hanya dipasang di Jembatan Pawan I. Pemkab Ketapang juga menganggarkan untuk pemasangan lampu di Jembatan Kyai Mangku Negeri atau Pawan V.


“Dalam tahun ini akan dipasang pula lampu di Jembatan Pawan V. Anggarannya sudah tersedia di APBD Perubahan tahun 2020,” sebut orang nomor satu di Kabupaten Ketapang itu. 


Ia menilai, dengan adanya lampu berwarna yang terpasang, tentu bisa membuat suasana Jembatan Pawan I dan Pawan V menjadi indah dipandang, seperti halnya di kota – kota besar.


“Namun demikian, karena keterbatasan kita baru bisa pasang (lampu) seperti ini. Mudah-mudahan kedepan Ketapang semakin maju, dan wajah Ketapang menjadi lebih indah,” ujarnya.


Sementara Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishub Ketapang, MF Yuliansyah menyebutkan, pemasangan ratusan lampu di Jembatan Pawan I diperkirakan menelang anggaran kurang lebin Rp40 juta.


“Pemasangan ini sebagai upaya Pemerintah memperindah wajah Ketapang, khususnya melalui penerangan. Selain unsur Keindahan, keamanan juga penting. Karena dengan adanya penerangan, maka bermanfaat bagi pengguna jalan,” sebutnya.


Mengenai penerangan di Jembatan Pawan V, dia memastikan akan segera melakukan pemasangan lampu dalam waktu dekat. Hanya saja sedikit berbeda dari warna lampu di Jembatan Pawan I.


“Di sana kita pasang lampu tanpa mengurangi keindahan Jembatan. Kalau di Pawan I warna warni, mungkin Pawan V warna kuning sesuai warna Jembatan,” pungkasnya. (Ndi).


Share:
Komentar

Berita Terkini