Program CSR PT SRM Bantu Perbaikan Jalan di 4 Kecamatan

Editor: Redaksi author photo

PT SRM menyalurkan CSR berupa perbaikan jalan di Kecamatan Tumbang Titi. (Ist)  
Ketapang (Suara Ketapang) - Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), PT Sultan Rafli Mandiri (SRM) membantu perbaikan jalan di sejumlah Desa yang berada di empat kecamatan yang ada di Kabupaten Ketapang. 

Diantaranya, perbaikan jalan Desa Belaban Tujuh, Desa Aur Gading, Desa Pengatapan Raya, Desa Segar Wangi, Nanga Kelampai, Kecamatan Tumbang Titi, Desa Pemahan, Kecamatan Pemahan, Desa Sungai Melayu, Kecamatan Sungai Melayu Rayak dan Desa Sungai Jawi, Kecamatan Matan Hilir Selatan ( MHS ).

CSR officer PT SRM, Asep Priady Saputra mengatakan kalau program CSR yang dilakukan pihaknya merupakan bagian dari komitmen perusahaan dengan masyarakat sebagai tanggung jawab sosial dan lingkungan kehidupan dalam upaya pembangunan ekonomi berkelanjutan yang bermanfaat bagi masyarakat disekitar perusahaan.

“Ini adalah program perusahaan yang dianggap bisa bermanfaat dan dirasakan oleh masyarakat sekitar Perusahaan saat ini,” katanya.

PT. SRM sebagai perusahaan yang berada di wilayah Dusun Pemuatan Batu, Desa Nanga Kelampai, Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang berupaya untuk melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan sebagai bentuk kepatuhan terhadap Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, tanggung jawab sosial dan lingkungan, Permen ESDM no 26 thn 2018 tentang pelaksanaan kaidah pertambangan yang baik, Kepmen ESDM no 1806 tahun 2018 tentang pedoman pelaksanaan penyusunan evaluasi, persetujuan, rencana kerja dan anggaran biaya serta laporan pada kegiatan usaha pertambangan dan Perda Provinsi Kalimantan Barat Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR).

Kegiatan CSR PT. SRM sendiri diklasifikasikan menjadi dua bagian, yaitu CSR tidak terprogram atau yang dilaksanakan berdasarkan proposal yang diajukan oleh pihak ketiga, sementara CSR terprogram adalah CSR yang disusun atau direncanakan berdasarkan program kerja perusahaan.

" Pada program CSR tidak terprogram, PT. SRM sejak akhir Tahun 2020 hingga bulan Januari 2021 telah melakukan beberapa kegiatan pembangunan pada bidang infrastruktur yang bertujuan membantu dan berpartisipasi dalam merawat serta memperbaiki sarana jalan Desa ," ungkap Asep Priady Saputra.

Sementara untuk CSR terprogram, PT SRM juga melaksanakan program rutin perawatan dan perbaikan jalan di wilayah ring satu perusahaan. Yaitu wilayah Desa yang letaknya terdekat dengan lokasi perusahaan, meliputi Desa Nanga Kelampai, Dusun Pemuatan Batu, Desa Pemuatan Jaya dan Desa Segar Wangi.

" Khusus di bulan januari 2021 ini program CSR yang dilaksanakan adalah penimbunan dan perbaikan jalan di sepanjang jalan Desa Pemuatan Jaya dan Dusun Pemuatan Batu hingga simpang empat PT. Arthu. Sampai dengan akhir Januari 2021 ini sudah dropping sebanyak 72 rit batu timbunan dan 160 rit tanah Latrit dan hingga sekarang masih dalam proses pengerjaan," timpalnya.

Selain itu, CSR PT SRM juga menyasar bidang sosial budaya dengan mengerahkan Exavator untuk meratakan tanah lokasi pembangunan Mushola dan pemberian 50 lembar atap seng guna penyelesaian pembangunan Mushola Al-Baroqah di Desa Pemuatan Jaya.

" Pelaksanaan kegiatan CSR PT SRM selama bulan Januari 2021 telah terlaksana dengan baik. Hingga saat ini untuk kegiatan CSR yang bersifat terprogram yaitu penimbunan dan perbaikan jalan masih terus berlangsung hingga sekarang," pungkasnya. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini