Keraton Matan Jadi Lokasi Vaksin Covid-19 di Ketapang

Editor: Redaksi author photo

Keraton Matan Tanjungpura menjadi salahsatu lokasi vaksinasi massal di Kabupaten Ketapang.
Ketapang (Suara Ketapang) - Tak Jauh berbeda dengan Citimall Ketapang, antusias tinggi masyarakat untuk vaksinasi  juga tampak di Keraton Matan Tanjungpura yang dijadikan lokasi vaksinasi massal Covid-19,  Minggu (4/7/2021).

Pelaksanaan vaksin dimulai sejak Sabtu. Selama dua hari, petugas menyiapkan 500 dosis vaksin untuk masyarakat umum yang berusia 18 Tahun ke atas. Sementara vaksin yang digunakan adalah Sinovak.

Sebelum pukul 06:00 pagi, warga sudah mengantre untuk mendapatkan vaksin Covid-19, padahal pelayanan pendaftaran baru dibuka pukul 08:00 pagi. 

Selain mendukung program pemerintah dalam upaya vaksinasi  warga mengaku datang ke lokasi vaksin atas kesadaran sendiri, mereka yakin dengan vaksin Covid-19, mampu meningkatkan imunitas dalam melawan virus corona.

"Kita mendukung program pemerintah vaksinasi massal, untuk kesehatan diri pribadi juga, setidaknya untuk antisipasilah terhadap hal-hal yang tak kita inginkan," ucap Rian (23), salah seorang warga yang baru saja disuntik vaksin.

Tak sedikit warga yang datang belakangan, tidak kebagian kuota vaksin yang disediakan petugas, lantaran jumlah dosis yang terbatas.

"Banyak juga kawan-kawan saya yang datang kesiangan tadi, tak kebagian," aku warga Mulia Kerta itu.

Sementara, Ruzaini (31) mengaku, demi mendapat suntikan vaksin Covid-19, ia rela datang pukul 05:30 pagi.

"Setengah enam saya udah di sini, itu pun dapat nomor antrean 88. Banyak kawan-kawan yang belakang ndak kebagian. Kalau pelayanan baik," ucapnya.

Dandim 1203 Ketapang Letkol Kav. Suntara Wisnu Budi Hidayanta berharap, masyarakat tetap bersabar sambil menunggu kesempatan vaksinasi berikutnya yang dilakukan secara bertahap.

"Kami mengimbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan sambil menunggu pelaksanaan vaksinasi yang secara bertahap yang akan dilaksanakan, tidak bisa sekaligus, tetap bersabar, nanti masyarakat akan dapat kesempatan semuanya," kata Suntara saat meninjau vakansiasi di Keraton Matan.

Sementara itu Ketua Dewan Mangku Ikatan Keluarga Besar Kerajaan Matan Tanjungpura (IKKRAMAT) Uti Royden Top menyampaikan, pihaknnya sengaja bekerja sama dengan Kodim 1203 Ketapang dan Dinas Kesehatan dalam menyiapkan lokasi vaksinasi.

"Kami dari kerajaan Tanjungpura, sebagai kontribusi dan mendukung program vaksinasi dari pemerintah, ini bukti kepedulian dan dukungan kami," ujarnya.

Selain di Keraton Matan dan Citimall Ketapang, vakansiasi massal ini juga di gelar di tiga lokasi lainnya seperti  Puskesmas Balai Bekuak, Puskesmas Manis mata  dan Puskesmas Simpang Dua. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini