Satu-Satunya Perwakilan Kalbar, Komunitas Muda Membangun Desa Asal Kecamatan Sungai Laur Sukses Gelar Proyek Sosial Pertamina Foundation

Editor: Agustiandi author photo

Kebersamaan masyarakat Desa Tanjung Beringin Kecamatan Sungai Laur Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat dan Komunitas Muda Membangun Desa (MMD).
Ketapang (Suara Ketapang) - Komunitas Muda Membangun Desa (MMD) dari Kecamatan Sungai Laur Kabupaten Ketapang menjadi satu-satunya perwakilan dari Kalimantan Barat yang lolos seleksi dalam proyek Sosial Pertamina Foundation 2021. 

"Kegiatan yang kami laksanakan sejak tanggal 23 sampai 30 januari 2022 ini merupakan buah hasil dari perjuangan kami sejak Agustus tahun 2021 yang melewati berbagai bentuk tes dan seleksi," ujar Penggerak Komunitas Muda Membangun Desa Hengki, Senin (31/1/2022).

Selama sepekan, kumpulan anak muda dari berbagai desa di Kecamatan Sungai Laur tersebut berhasil menggelar sejumlah kegiatan, mulai dari bakti sosial, pelatihan UMKM, pendidikan anak usia dini, games hingga mengecat rumah dengan ornament Dayak. Tema yang diangkat yakni proyek sosial desa wisata komunitas adat terpencil Tanjung Beringin.

“Kami berharap kegiatan dan pencapaian kami ini dapat menginspirasi pemuda-pemudi Kecamatan Sungai Laur dan sekitarnya supaya terus berbuat hal-hal positif di lingkungan masyarakat sekeliling kita," ucapnya. 

Kepala Desa Tanjung Beringin Lipinus merasa sangat terbantu atas kegiatan yang dilaksanakan tersebut. Ia pun berterima kasih kepada para anak muda yang dinilainya mau berkontribusi dan memiliki kepekaan sosial.

"Kami sangat terbantu sekali, di desa kami yang terpencil ini tidak memiliki jaringan listrik, tidak memiliki signal, akses jalan yang tidak memungkinkan, tapi anak-anak muda ini berkeinginan besar dengan penuh perjuangan sampai ke lokasi kami ini," katanya.

"Semoga dengan adanya proyek sosial ini dapat memperkenalkan Desa Tanjung Beringin bahwa desa kami ini ada Komunitas Adat Terpencil," sambungnya.

Untuk diketahui, Proyek Sosial Pertamina Foundation merupakan ajang kreativitas generasi muda dalam menuntaskan isu-isu sosial dan ingin berkontribusi nyata untuk masyarakat.Dalam kompetisi itu, para peserta ditantang mengajukan gagasan proyek sosial yang mampu menuntaskan isu-isu sosial dan lingkungan, dilengkapi video dan foto mengenai proyek tersebut. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini