Tradisi Adat Tepung Tawar Awali Pembangunan Tugu Kedondong Kota Ketapang

Editor: Agustiandi author photo

Tradisi adat tepung tawar di lokasi pembangunan tugu kedondong. (Ist)
Ketapang (Suara Ketapang) - Pemerintah Kabupaten Ketapang mengelar prosesi adat tepung tawar dalam rangka pembangunan tugu pohon kedondong di jalan S. Parman, Jumat (13/5/2022) pagi.

Tradisi adat Melayu tersebut dilakukan sebagai wujud rasa syukur sebelum memulai proses pembangunan. Tradisi adat tepung tawar merupakan salah satu bagian prosesi yang sakral dalam upacara adat budaya melayu. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo menyampaikan, bentuk dari tugu bundaran yang akan dibangun nantinya adalah replika pohon kedondong. Menurut Sekda, kedondong dipilih lantaran pohon kedondong merupakan ikon dari Kota Ketapang. 
"Tugu baru yang akan dibuat nanti bentuknya pohon kedondong, hal ini lantaran sesuai dengan ikon Kota Ketapang. Desain bentuk tugu pohon kedondong ini tentunya kita ingin mengangkat yang melambangkan ciri khas dari Kota Ketapang," ujar Sekda di sela-sela kunjungannya usai pelaksanaan upacara tepung tawar.
Sekda menambahkan, dalam pembangunannya area tugu baru berbentuk pohon kedondong tersebut nantinya akan diperluas dari sebelumnya. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini