Warga Diminta Tenang Sebab Gempa di Ketapang Kategori Ringan, Tidak Berpotensi Tsunami

Editor: Agustiandi author photo

Peta Titik gempa Ketapang Kalimantan Barat. (Ist)
Delta Pawan (Suara Ketapang) - Stasiun Meteorologi Kelas III Rahadi Oesman Ketapang menyatakan gempabumi yang melanda Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat masuk dalam kategori ringan tidak berpotensi tsunami.

Forecaster on Duty Stasiun Meteorologi Kelas III Rahadi Oesman Ketapan Ashifa Putri menjelaskan,  gempa tersebut masuk kategori III - IV skala MMI. Itu artinya getaran dari gempa dapat dirasakan langsung oleh masyarakat namun tidak menyebabkan kerusakan yang signifikan.

"Ringan, masuk skala 3 dan 4, maksudnya itu gempa terasa, seperti hanya getaran, seperti truk lewat, tidak menyebabkan kerusakan," paparnya, Jumat (1/7/2022) pagi.

Berdasarkan data Stasiun Meteorologi Kelas III Rahadi Oesman Ketapang, telah terjadi dua kali gempa susulan dengan kekuatan yang lebih kecil. Gempa susulan pertama 3,4 Magnitudo sementara yang gempa susulan yang selanjutnya 3 Magnitudo.

Meski dalam kategori ringan, lanjut Ashifa, gempa juga turut dirasakan warga yang bermukim di pemukiman padat penduduk seperti di Kecamatan Delta Pawan.

"Yang harus diketahui masyarakat gempa tidak dapat diprediksi, jadi kami imbau masyarakat agar waspada saja, pastikan tempat tinggal anda aman dari gempa," katanya. (Ndi) 

Share:
Komentar

Berita Terkini