8 Cara Menghemat Baterai iPhone Biar Awet dan Tidak Boros

Editor: Layli author photo
freepik.com
Suara Ketapang - Baterai adalah komponen yang paling penting pada smartphone atau iPhone, karena tanpa baterai maka handphone tidak akan menyala. Jika Anda merasa baterai iPhone yang Anda gunakan terlalu boros dan cepat habis, mungkin Anda membutuhkan cara menghemat baterai iPhone untuk mengatasinya.

8 Cara Menghemat Baterai iPhone Biar Awet dan Tidak Boros

Melakukan penghematan baterai iPhone sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan baterai agar lebih awet dan tetap maksimal kinerjanya. Simak cara menghemat baterai iPhone di bawah ini:

1. Aktifkan Dark Mode

Anda bisa melakukan penghematan baterai dengan mengaktifkan dark mode pada iPhone. Mode ini bertujuan untuk melakukan penghematan cahaya sehingga daya baterai bisa dihemat. Cara mengaktifkannya adalah pergilah ke pengaturan, lalu pilih tampilan dan kecerahan, kemudian pilih mode gelap atau dark mode.

2. Matikan Always-on Display

Always-on display yang selalu menyala akan membuat baterai iPhone menjadi boros. Untuk itu Anda harus menonaktifkan Always-on Display agar baterai menjadi hemat. Ini bisa jadi salah satu solusi untuk melakukan penghematan baterai iPhone Anda. Caranya adalah pergi ke pengaturan, pilih tampilan dan kecerahan kemudian geser Always-On ke off atau mati.

3. Mengurangi Kecerahan Layar

Semakin cerah layar maka semakin banyak cahaya yang dipancarkan sehingga semakin banyak daya baterai yang digunakan. Keadaan ini akan menyebabkan baterai menjadi cepat habis. Untuk itu anda harus mengurangi kecerahan layar melalui pusat kontrol dan seret kecerahan ke bawah untuk mengurangi pencahayaan.

4. Matikan Lokasi untuk Aplikasi Jika Tidak Perlu

Lokasi memang perlu diaktifkan jika dalam keadaan tertentu misalnya saat menggunakan aplikasi transportasi online, pesan antar ataupun maps. Nah, jika Anda sedang tidak menggunakan aplikasi-aplikasi yang disebut maka akan lebih baik jika penggunaan fitur lokasi pada iPhone dimatikan saja untuk penghematan.

5. Gunakan Mode Daya Rendah

Sesuai namanya penggunaan mode ini bertujuan untuk membatasi fitur yang boros terhadap daya baterai. Fitur seperti pembaruan otomatis, penyegaran aplikasi latar belakang dan lainnya. Cara ini sudah terbukti untuk menghemat sekaligus memperpanjang masa pakai baterai.

6. Lakukan Pengisian Daya Sebelum Baterai Habis

Langkah penghematan baterai lainnya adalah dengan menancapkan charger original untuk melakukan pengisian daya sebelum baterai habis. Cek indikator baterai, ketika baterai masih sekitar 20% segera lakukan pengisian daya sehingga baterai lebih hemat dan awet.

7. Nonaktifkan Aplikasi Background yang Berjalan

Aplikasi yang tetap berjalan di background ini lumayan menyita banyak daya, sehingga Anda perlu mematikannya. Dengan menonaktifkan aplikasi background yang berjalan maka Anda akan menghemat daya baterai iPhone yang digunakan.

8. Pastikan Selalu Update iOS Versi Terbaru

iOS terbaru diluncurkan bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi dari iPhone, sehingga selalu melakukan update adalah hal yang harus dilakukan. Untuk menghemat baterai pun harus melakukan update. Dengan selalu menggunakan iOS terbaru maka aplikasi dan sistem bisa berjalan maksimal dan tidak memakan banyak daya baterai.

Melakukan 8 cara menghemat baterai iPhone di atas akan lebih efektif menjaga kesehatan dan mampu menghemat baterai secara optimal. Cara0cara di atas akan menjaga baterai iPhone tetap bekerja maksimal dalam jangka waktu yang sangat lama. Penggunaan baterai yang benar tetap harus dilakukan jika ingin memiliki baterai yang hemat dan awet tahan lama.

Anda bisa mendapatkan iPhone dengan baterai original hanya di Blibli, marketplace terpercaya yang menyediakan iPhone original. Temukan official store iPhone di Blibli untuk mendapatkan seri terbaru dari IPhone dengan harga terjangkau. [*]


Share:
Komentar

Berita Terkini