KNPI Ketapang Kukuhkan 5 PK-KNPI dan Serahkan Bantuan Stimulan ke 15 OKP

Editor: Agustiandi author photo

Ketua KNPI Ketapang Uti Royden Top mengukuhkan lima pimpinan kecamatan KNPI di Gedung Pemuda, Minggu (11/9/2022). (Ist)
Ketapang (Suara Ketapang) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Ketapang mengukuhkan lima pimpinan kecamatan KNPI serta menyerahkan bantuan stimulan untuk 15 organisasi kepemudaan di Gedung Pemuda Ketapang, Minggu, (11/9/2022).

Ketua KNPI Ketapang Uti Royden Top memaparkan, besaran bantuan stimulan untuk 15 OKP masing-masing berjumlah Rp 3 juta. Bantuan ini diserahkan secara langsung oleh Uti Royden Top dan Bendahara KNPI Ketapang Mia Gayatri.

15 OKP dan Organisasi Kepemudaan tersebut terdiri dari Pemuda Pancasila, Srikandi Pemuda Pancasila, Fatayat NU, PMII, FKPPI, PMKRI, KAMMI, GP ANSOR, Perahu Edukasi, AMPI, GMNI, PPI, MPG, HIPMI dan IPNU.

"Bantuan stimulan adalah bantuan yang diberikan untuk memberikan rangsangan kepada organisasi kepemudaan agar lebih berupaya untuk meningkatkan kegiatan di internal organisasi masing-masing," kata Uti Royden Top.

Otop menekankan, walupun bantuan ini tak seberapa, namun wajib untuk dipertangungjawabkan. Adapun bentuknya adalah melalui LPJ dalam bentuk kegiatan OKP kepada KNPI Ketapang yang diserahkan paling lambat tanggal 1 Desember 2022. 

Selain penyerahan bantuan stimulan OKP, KNPI Ketapang juga mengukuhkan Pengurus Kecamatan KNPI di Kabupaten Ketapang periode 2022-2025. Adapun kecamatan yang sudah terbentuk yaitu Kecamatan Benua Kayong, Matan Hilir Selatan, Delta Pawan, Muara Pawan dan Kecamatan Matan Hilir Utara.

Kepala Dispora Ketapang Satuki Huddin mengapresiasi atas langkah dan upaya yang dilakukan oleh KNPI Ketapang dalam mengukuhkan 5 PK KNPI dan memberikan bantuan stimulan kepada 15 OKP. 

Menurut Satuki, hal ini belum pernah dilakukan pada periode-periode KNPI sebelumnya. Dia berharap tahun depan akan lebih banyak lagi OKP yang bisa diberikan bantuan dengan nominal yang lebih besar. 

"Tahun depan KNPI Ketapang semoga bisa menambah lagi OKP yang diberikan bantuan stimulan, baik dari segi jumlah OKP nya maupun dari segi jumlah bantuan dana stimulannya," Kata Demisioner Ketua KNPI Ketapang itu.

Satuki menambahkan, meski nominal bantuan ini tidak terlalu banyak dan belum maksimal, namun upaya ini wajib diapresiasi oleh seluruh OKP.

"KNPI Ketapang pada kepemimpinan Uti Royden Top ini menunjukkan bahwa KNPI Ketapang terus berkomitmen untuk memberikan manfaat dan betul-betul KNPI Ketapang menjadi wadah bagi seluruh organisasi kepemudaan yang ada di Ketapang," tegasnya.

Satuki berharap tahun mendatang KNPI Ketapang tetap meluncurkan program berbasis kebutuhan yang real bagi pemuda.

"Sehingga betul-betul tepat sasaran dan efektik guna pengembangan kompetensi dan kemampuan seluruh pemuda Ketapang melalui organisasi kepemudaan dan KNPI sebagai wadah seluruh OKP," ucapnya.

Kegiatan tersebut dihadiri, Kepala Dispora Ketapang Satuki Huddin, Ketua DPD KNPI Ketapang Uti Royden Top, Sekretaris KNPI Ketapang Ahmad Yani, Bendahara KNPI Ketapang Mia Gayatri dan seluruh wakil ketua dan wakil sekretaris beserta 15 pimpinan OKP. 

Untuk diketahui, bahwa KNPI Ketapang tahun anggaran 2022, telah mendapatkan alokasi anggaran hibah dari Pemerintah Kabupaten Ketapang sebesar Rp 205 juta. Dana itu dipergunakan pada sembilan kegiatan KNPI.

Share:
Komentar

Berita Terkini