Banjir Jelai Hulu Ketapang Nyaris 4 Meter, 100 Warga Dievakuasi

Editor: Agustiandi author photo

Hampir seluruh desa di Kecamatan Jelai Hulu Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat terendam banjir. Ketinggian air rata-rata 3 sampai 4 meter. 100 an warga dievakuasi ke pos pengungsian, Selasa (11/10/2022). (Ist) 
Jelai Hulu (Suara Ketapang) - Banjir di Kecamatan Jelai Hulu kian parah. Ketinggian air bahkan nyaris mencapai empat meter di kawasan pemukiman warga.

Dengan perahu karet, petugas BPBD bersama TNI-POLRI mulai mengevakuasi warga. Sedikitnya 100 warga berhasil dipindahkan ke lokasi pengungsian.

"Debit air naik 80 centimeter, karena curah hujan cukup tinggi tadi malam. Hari ini ketinggian air rata-rata tiga sampai empat meter. Kami hari ini mengevakusi warga," ujar Andika Korlap Evakuasi BPBD Ketapang, Selasa (12/10/2022).

Saat proses evakuasi, petugas hanya mengandalkan dua buah perahu karet miliki TNI dan BPBD Kabupaten Ketapang. 

Kondisi Kantor Koramil Jelai Hulu Ketapang Kalbar, Selasa (12/10/2022). (Ist)
Kendati demikian, banyak juga warga yang mengevakusi diri secara pribadi dengan perahu yang dimiliki masyarakat.

"Kami telah mengevakuasi 50 KK atau sekitar 100 an lebih jiwa yang berhasil dievakuasi," tambahnya.

Curah hujan yang tinggi memperparah situasi, bahkan kantor Koramil di Kecamatan Jelai Hulu nyaris tenggelam total. Memasuki hari ke lima, belum ada tanda-tanda debit air turun. 

Pemerintah Kabupaten Ketapang telah menyalurkan bantuan tahap pertama yakni tiga truk bermuatan beras dan mie instan ke daerah yang dapat dijangkau.


Share:
Komentar

Berita Terkini