Peringati Hari Sumpah Pemuda, Kwarran Benua Kayong Gelar Apel Gebyar Pramuka

Editor: Agustiandi author photo

Ketua Kwarran Benua Kayong Uti Royden Top saat memberikan kata sambutan pada apel Gebyar Pramuka dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Jumat (28/10/2022) pagi. (Agustiandi/Suara Kalbar).
Benua Kayong (Suara Ketapang) - Kwartir Ranting Gerakan Pramuka (Kwarran) Benua Kayong menggelar apel gebyar pramuka, di halaman Keraton Matan Tanjungpura Kelurahan Mulya Kerta Kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat, Jumat (28/10/2022) pagi.

Apel Gebyar Pramuka tersebut diikuti seribuan pelajar penggalang SD dan SMP serta penegak SMA. Selain itu, anak-anak PAUD juga tampak meramaikan kegiatan tersebut. Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda yang ke 94 tahun 2022. 

Ketua Kwarran Benua Kayong Uti Royden Top mengatakan, gerakan pramuka hendaknya dapat melakukan kegiatan yang nyata untuk meningkatkan citra pramuka yang selalu siap menolong dan dapat mengembangkan kegiatan bermanfaat yang disukai kaum muda. 

"Pada kesempatan ini, saya mengajak kita semua untuk mengeratkan persaudaraan dan persahabatan, memperkuat tekad, menyatukan gerak langkah kita, meningkatkan pengabdian kita, serta tauladan kita dalam menerapkan dan mengamalkan kode kehormatan Pramuka," ajaknya.

Ketua Dewan Mangku Ikatan Keluarga Besar Kerjaan Matan Tanjungpura (IKKRAMAT) tersebut juga menyampaikan, para pemuda wajib memiliki kemampuan guna mencermati dan menyikapi tantangan hingga peluang dalam era reformasi dan globalisasi.

"Saya juga berpesan, jadilah pramuka yang siap mendarmakan satyanya dan membaktikan darmanya, yang berbudi pekerti luhur, berprilaku sesuai dengan kode kehormatan pramuka dan janji pramuka," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Uti Royden Top juga menekankan akan pentingnya persatuan dan kesatuan. Ia meminta para pemuda tak berhenti bertubuh untuk menciptakan prestasi yang tangguh. 

"Untuk Pemuda Indonesia, khususnya yang ada di Kabupaten Ketapang, jaga persatuan dan kesatuan jangan ada perpecahan sesama kita," tegas Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Ketapang tersebut.

Saat mengikuti apel, peserta mengenakan baju adat. Ada juga yang memilih memakai seragam Pramuka lengkap dengan tongkatnya. Apel Gebyar Pramuka ini juga dimeriahkan dengan penampilan drum band dari SMK 1 Ketapang. 

Sejumlah perlombaan juga digelar pada kegiatan kali ini, tak hanya lomba pramuka seperti lomba baris berbaris dan lomba ikatan atau simpul tali, namun juga lomba tradisional seperti berbalas pantun hingga syair gulung.

Share:
Komentar

Berita Terkini