Sempat Macet Total Akibat Truk Amblas, Pemkab Ketapang Tangani Jalan Pelang-Batu Tajam

Editor: Agustiandi author photo

Pemkab Ketapang melakukan penanganan darurat ruas Jalan Pelang - Batu Batam . Ruas ini sempat mengalami antrean panjang kendaraan lantaran tiga unit truk amblas di tengah jalan, Rabu (26/10/2022).(ist)
Ketapang (Suara Ketapang) - Kondisi ruas jalan Pelang-Batu Tajam yang rusak membuat aktivitas transportasi terhambat.

Menyikapi hal tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo, melakukan rapat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait mengenai penanggulangan sementara Jalan tersebut.

"Hari ini saya sudah memanggil Kepala OPD terkait, yakni Kadis PUTR, Kadishub, Kasatpol PP dan Asisten 2 untuk membahas penanganan darurat Jalan Pelang," kata Alex, Rabu (26/10/2022).

Sekda melanjutkan, sebelumnya penanganan ruas jalan Pelang sudah dibagi tugas termasuk dalam hal tanggung jawab CSR yang menjadi tanggungan PT Limpa, PT BGA, PT Arrtu dan PT LAP, yang mana penanganan sudah mulai dilakukan namun belum berjalan maksimal akibat curah hujan tinggi.

"Kita rapat terbatas, tadi Kadishub, Camat MHS Camat Sei Melayu dan alat berat PUTR sudah meluncur ke lokasi untuk melakukan penanganan darurat ruas jalan rusak dan membuat antrean di daerah 'Pak Kacong', sudah ditangani dan tidak macet lagi saat ini," terangnya.

Selain itu, Alex mengatakan sudah meminta perusahaan melakukan penimbunan menggunakan pasir dan batu serta laterit.

"Hari ini dari PT Limpa sudah mengirim 8 ton semen beku untuk menimbun titik yang rusak parah," tuturnya.

Alex menambahkan, dirinya juga meminta Dinas Perhubungan, Satpol PP, serta dukungan dari Satlantas Polres Ketapang untuk melakukan pengamanan dan pengaturan lalu lintas. Dan jika perlu untuk mendukung pekerjaan penimbunan nanti bisa hingga penegakan aturan jalan terhadap angkutan yang melebihi tonase.

"Dishub sudah kita minta memasang rambu-rambu jalan di sepanjang jalan Pelang - Batu Tajam, serta mempersiapkan timbangan untuk pengecekan tonase yang akan dibackup Satpol PP dan Polres," terangnya.

Sekda menambahkan, penanganan ruas Jalan Pelang-Batu Tajam ini sebagai bentuk komitmen Pemda dalam merespon harapan masyarakat selaku pengguna jalan. 

"Juga sebagai upaya mensukseskan pelaksanaan MTQ ke-XXX tingkat Provinsi yang digelar di Ketapang lantaran ruas jalan tersebut menjadi satu diantara akses yang dilewati para peserta MTQ," pungkasnya.


 

Share:
Komentar

Berita Terkini