Musda II DPD KNPI Ketapang, Wabup Berharap KNPI Menjadi Contoh

Editor: Agustiandi author photo

Wakil Bupati Ketapang Farhan (tengah baju batik) berfoto bersama di sela-sela pembukaan Musda KNPI Ketapang, Sabtu (30/9/2023). (Ist)
Ketapang (Suara Ketapang) - Wakil Bupati Ketapang Farhan berharap KNPI menjadi contoh dan teladan bagi organisasi-organisasi kepemudaan lainnya. KNPI juga harus mampu mencegah terjadinya disintegrasi bangsa.

Harapan tersebut, Farhan sampaikan saat membuka Musda II DPD KNPI Ketapang di salah satu hotel di Ketapang, Sabtu (30/9/2023). 

Musda II DPD KNPI Ketapang tahun 2023 mengangkat tema "Pemuda Bersatu untuk Ketapang Lebih Maju".

“Sebagai organisasi kepemudaan yang telah berdiri sejak lama dan telah membuktikan eksistensinya, saya berharap KNPI terus berkontribusi untuk pembangunan kepemudaan di Kabupaten Ketapang, sebagai rumah besar dan pengayom bagi semua organisasi kepemudaan di Kabupaten Ketapang,” ucapnya.

Dia berharap Musda kali ini bisa merefleksi perjalanan KNPI di Kabupaten Ketapang dengan melakukan evaluasi dan perbaikan.

“Laksanakan pemilihan kepengurusan yang baru dengan baik dengan tetap pada pedoman tata aturan dan mekanisme, kedepankan musyawarah mufakat dan cari solusi terbaik jika terjadi deadlock dalam persidangan,” katanya, mengakhiri.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Ketapang Uti Royden Top bersyukur pada beberapa bulan terakhir seluruh organisasi kepemudaan di bawah naungan KNPI dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Ketapang terus menyelenggarakan kegiatan-kegiatan positif. 

Di antaranya kegiatan yang bersifat peningkatan kapasitas dan kualitas pemuda, kepemimpinan, kewirausahaan bahkan kepeloporan pemuda.

“Kegiatan ini merupakan bukti seluruh organisasi kepemudaan di Ketapang secara aktif terus berikhtiar dalam memberikan kontribusi terhadap daerah Kabupaten Ketapang guna mewujudkan pemuda yang unggul dan berdaya saing,” ujarnya.

Uti berterima kasih kepada pemerintah daerah yang telah mendukung kegiatan-kegiatan organisasi kepemudaan (OKP) di bawah naungan KNPI. Hal ini dibuktikan dengan bantuan anggaran melalui hibah maupun kegiatan yang difasilitasi oleh pemerintah daerah.

“Dengan jumlah bantuan anggaran yang tidak sedikit ini tentu pemerintah daerah menginginkan agar pemuda Ketapang dapat mewujudkan cita-cita daerah yaitu mewujudkan SDM yang kompetitif, unggul dan berdaya saing,” katanya.

DPD KNPI Ketapang, kata Uti, terus berusaha dengan segala daya dan upaya untuk memberikan yang terbaik bagi daerah melalui potensi dan keberadaan pemuda agar dapat bermanfaat. Oleh karena itu, Uti berharap harmonisasi, komunikasi serta silaturahmi antar seluruh OKP dalam bingkai naungan KNPI terus dijaga dan dirawat dengan baik.

“Ini kita lakukan agar visi yang kita miliki dapat terwujud dengan baik. Mari kita lanjutkan yang baik menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang, kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang, kapan lagi,” katanya, menambahkan.

Dalam kesempatan itu Ketua DPRD Kabupaten Ketapang, M. Febriadi menyampaikan KNPI telah menjadi wadah himpunan seluruh anak muda dan menjadi lambang pemuda bangsa yang cinta NKRI. Ia pun menegaskan untuk melawan radikalisme rasa cinta tanah air harus dipertahankan.

"Maka dari itu peran pemuda sangat dibutuhkan untuk menjaga keutuhan NKRI dan mengikis isu-isu radikalisme, karena pemuda adalah penerus bangsa," kata Febriadi.

Febriadi yang juga Ketua MPI Ketapang menambahkan tantangan KNPI kali ini harus menghasilkan sosok yang membela bangsa. Tak hanya itu, KNPI harus dapat menjadi partner Pemerintah Ketapang untuk membangun Ketapang, karena generasi pemuda adalah garda depan negara.

“KNPI mempunyai kekuatan potensial dalam mendukung pembangunan. Organisasi ini mampu mendorong semangat kemandirian kaum muda dalam mengembangkan kualitas dan gagasan melanjutkan estafet membangun kaderisasi kepemimpinan pemuda yang kelak dapat dipersiapkan sebagai pemimpin dimasa mendatang,” ujarnya.

Febriadi berharap Musda menjadi momentum dalam upaya menggairahkan dan menghidupkan serta membawa organisasi KNPI Ketapang semakin lebih baik lagi. Ia berpesan, dalam pemilihan ketua dan pengurus harus didasarkan pada musyawarah mufakat, jadikan Musda sebagai ajang silaturahmi.

“Semoga Musda berjalan dengan tertib, aman dan lancar serta menghasilkan program-program yang inovatif dan solutif. Pemuda Ketapang harus kompak, jangan sampai terpecah belah, harus satu,” pungkasnya. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini