Sebuah Motor Air Karam di Muara Teluk Batang akibat Diterjang Angin Kencang

Editor: Agustiandi author photo

TIM SAR gabungan menemukan korban kapal tenggelam yang terombang-ambing di atas air, di Muara Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar, pada Selasa (21/5/2024) malam. (ist) 
Kayong Utara (Suara Ketapang) - Sebuah motor air nelayan dilaporkan karam di Perairan Muara Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar, pada Selasa, (21/5/2024) pukul 20.05 WIB. 

Kepala Kantor SAR Pontianak I Made Junetra mengatakan, terdapat enam orang di dalam kapal kayu tersebut. Sesaat sebelum kapal tenggelam, korban langsung melompat ke laut untuk menyelamatkan diri. 

"Adapun korban selamat dalam peristiwa ini yakni Suryadi 48 tahun, Sahiran 46 tahun, ⁠Ai 35 tahun ,⁠Budi 23 tahun, Wahyi 21 tahun dan ⁠Apri 47 tahun, semuanya laki-laki," papar Junetra, Rabu (22/5/2024). 

Junetra mengatakan, motor air tersebut hendak memasuki muara Teluk Batang kembali dari mencari ikan di laut. Saat memasuki alur muara, hujan deras dan angin berkecepatan tinggi menghantam badan kapal. 

"Kapal seketika oleng dan karam, seluruh awak kapal melompat dan terapung ke dalam air dengan berpegangan pada badan kapal yang masih mengapung, salah seorang korban sempat meminta pertolongan sesaat ketika kapal tenggelam," jelasnya. 

Mendapat laporan, TIM SAR gabungan langsung bergegas mendatangi lokasi kecelakaan. Proses evakuasi berlangsung aman, semua korban berhasil diselamatkan. Seluruh korban saat itu juga langsung dibawa  menuju Pelabuhan Teluk Batang. 

"Berkat respon time yang kami terima dengan segara maka seluruh awak kapal berhasil diselamatkan, terimakasih kepada unsur gabungan (tim SAR gabungan) yang terlibat semua berkat sinergitas yang solid," pungkasnya. (Ndi) 

Share:
Komentar

Berita Terkini