ISPA Serang 529 Warga Kabupaten Ketapang

Editor: Editor : Redaksi author photo
Pasien ISPA
Ketapang (Suara Ketapang) - Kabut asap pekat yang sangat tidak sehat selama beberapa hari ini sudah berdampak buruk bagi kesehatan warga Kabupaten Ketapang.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang pertanggal 13 hingga 16 September tercatat 529 kasus Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang tersebar di wilayah Kabupaten Ketapang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupeten Ketapang, Basaria mengaku terjadi peningkatan yang signifikan kasus ISPA. Rata-rata yang menderita ISPA anak-anak.

"Jadi sebelumnya data ISPA perbulan, namun karena kondisi seperti ini kita data perhari, jadi saat ini mulai tanggal 13 sampai 16 September laporan masuk ada 529 kasus ISPA," jelasnya.

Untuk menekan kasus ISPA pihaknya kini masih melakukan pembagian masker melalui puskesmas-puskesmas maupun pembukaan posko kesehatan dengan menempatkan tim kesehatan diposko tersebut.

Tak hanya itu, pihaknya kini sedang mengajukan oksigen fortabel serta nebo yang dinilai sangat diperlukan dalam situasi kabut asap seperti ini, yang mana oksigen fortabel dan beberapa peralatan nantinya direncanakan akan didistribusikan ke posko dan puskesmas-puskesmas.

"Kalau untuk obat-obatan ISPA sudah tersedia di puskesmas-puskesmas," jelasnya.

Ia menegaskan, sejauh ini belum ada korban jiwa akibat terserang ISPA, hanya untuk warga harus mendapatkan perawatan intensif seperti rawat inap hal tersebut bisa langsung dikonfirmasi ke pihak rumah sakit.

"Kita minta agar aktivitas diluar rumah bisa dikurangi, selain harapan penanggulangan terhadap persoalan bisa dilakukan bersama-sama semua pihak terkait," mintanya. (ndi)
Share:
Komentar

Berita Terkini