Kemah Pramuka SMKN 1 Air Upas Sarat Nilai Edukasi

Editor: Editor : Redaksi author photo
Kemah Pramuka Siswa SMKN 1 Air Upas
Ketapang (Suara Kalbar) - Giat perkemahan SMK N 1 Air upas dilaksanakan dalam rangka kenaikan tingkat/alih golongan dari pramuka tingkat penggalang ke tingkat penegak.

Agenda rutin tahunan Gugus depan yang berpangakalan di SMKN 1 Air Upas ini dilaksanakan selama 3 hari dimulai dari 30 Agustus - 1 September 2019.

Sebagaimana disampakan Kepala Sekolah SMK N 1 Air Upas, Siti Imroati Muhajiroh bahwasanya kemah ini bertujuan sebagai ujian kenaikan pangkat juga untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya dalam bidang kepramukaan di lingkungan Gudep 17047 – 17048 sesuai dengan amanat kurikulum sekarang ini.

"Sasaran yang ingin dicapai yakni mebentuk calon pemimpin yang bijaksana dan bertanggung jawab, menumbuhkan rasa cinta terhadap masyarakat dan lingkungan serta menumbuhkan jiwa mandiri pada  peserta,"paparnya.

Selain sasaran yang ingin dicapai tersebut para siswa juga dilatih untuk memecahkan berbagai permasalahan, rintangan - rintangan sebagai bagian dari materi dalam pramuka secara mandiri maupun berorganisasi.

Tak kalah menarik pada hari kedua dengan mengelilingi api unggun para siswa diberi kesempatan untuk menampilkan beragam talenta yang dimiliki bersama kelompoknya. Menampilkan kebolehan masing - masing kelompok di depan kelompok lainnya.

Tak jarang riuh tawa riang menambah terjalinnya keakraban diantara para siswa dan pembina.

Giat yang sarat dengan nilai - nilai edukasi pramuka yang mengedapankan kedisplinan, ketrampilan, kreatifitas, jiwa gotong royong, kepedulian sosial dan etika sebagaimana  termaktub dalam Dasa Dharma Pramuka.

"Semoga dengan talenta - talenta yang mulai tampak dapat tumbuh dan berkembang, diharapkan menjadi bekal yang bermanfaat bagi para siswa kedepannya,"harap Siti Imroati.

Perkemahan Jumat, Sabtu dan Minggu ( Perjusami ) diikuti
siswa Kelas X 92 Orang, siswa kelas XI 67 orang, Dewan Ambalan Masa Bhakti 2018-2019, 25 orang dan pembina 14 orang, total 198 orang.

Sebagai puncaknya acara diakhiri dengan upacara penutupan dan Pelantikan Dewan Ambalan Gudep 17047 Patih Panjelapangan dan Gudep 17049 Dara Pinang Sepulau Masa Bhakti 2019 – 2020 sekaligus pembagian piala dan bingkisan bagi para siswa yang dinilai baik dalam menunjukkan talenta mereka dari berbagai jenis acara yang dilombakan Minggu. (Jansen). 
Share:
Komentar

Berita Terkini