Pemkab Ketapang Gerak Cepat Tangkal Virus Corona

Editor: Agustiandi author photo
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang Rustami 
Ketapang (Suara Ketapang) – Pemerintah Kabupaten Ketapang melalui Dinas Kesehatan kini bergerak cepat dalam menangakal virus corona yang menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat.

Meski kini belum ada seorangpun yang terindikasi menderita virus corona di Kabupaten Ketapang, namun dinas kesehatan sudah membuat sejumlah langkah guna menangkal virus mematikan tersebut.

“Hari ini kita akan lakukan koordinasi kepada bapak bupati  untuk menjadikan RSUD Agoesdjam Ketapang sebagai rumah sakit rujukan, penunjukan rumah sakit rujukan ada di pemerintah provinsi, kita sudah siapkan semua administrasinya, saya juga sudah menghubungi kepala dinas kesehatan provinsi,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (23/1/2020).

Rustami mengatakan, rumah sakit rujukan corona di Kalbar yang ditunjuk pemerintah provinsi hanya ada tiga, yakni di Pontianak, Singkawang dan Sintang. Mengingat jarak tempuh melalui jalur darat sangat jauh dari tiga daerah tersebut, Pemerintah Kabupaten Ketapang mengusulkan rumah sakit dr, Agusdjam jadi rumah sakit rujukan.  

"Alasan kami, di Ketapang banyak pekerja asing dari Tiongkok yang datang keluar masuk ke Ketapang untuk WHW dan BSM. Kedua, jarak tempuh antara Ketapang ke Pontianak yang menjadi rumah sakit rujukan, di Pontianak Sudarso, rumah sakit Sintang dan rumah sakit Singkawang sangat jauh, memerlukan waktu satu harian,” paparnya.

Saat ini, lanjut Rustami, segala fasilitas sudah tersedia di Rumah Sakit dr. Agusdjam, mulai dari ruang isolasi hingga petugas medisnya. Selain itu pihaknya juga akan melakukan pengecekan pada klinik milik perusahaan yang memperkerjakan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal tiongkok guna memastikan virus tesebut tidak akan mewabah di Ketapang.  

Saat ini Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan Ketapang sudah melakukan himbauan ke beberapa rumah sakit, puskesmas yang ada di Ketapang. Beberapa selebaran terkait virus corona, baik gejala klinis, maupun langkah pencegahan dini.

"Kami sudah membuat himbauan - himbauan ke masyarakat, baik melalui media cetak, elektronik, radio pemda, dan edaran - edaran  ke puskesmas, rumah sakit baik negeri maupun swasta dalam rangka menangani masalah virus corona," pungkasnya. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini