TRIP Saluran Bantuan Sembako untuk Puluhan ODP Covid-19

Editor: Agustiandi author photo
Tim Relawan Insan Peduli (TRIP) Kabupaten Ketapang menyalurkan Sembako untuk  puluhan orang yang berstatus sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19. Serah terima bantuan ini dilakukan di depan Posko TRIP di Jalan R. Suprapto, Sabtu (4/4/2020). 
Ketapang (Suara Ketapang) - Tim Relawan Insan Peduli (TRIP) Kabupaten Ketapang menyalurkan Sembako kepada puluhan orang yang berstatus sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 di Kelurahan Kauman Kecamatan Benua Kayong, Sabtu (4/4/2020).

Mulai dari beras, telur, mie instan, vitamin, snack hingga minuman siap saji diserahkan kepada satgas relawan At-Taqwa di depan Posko TRIP Jalan R Suprapto,  yang kemudian dibawa langsung ke Pesantren Nurul Madinah sebagai lokasi isolasi mandiri ODP Covid-19.

Bantuan tersebut dalam rangka membantu pemerintah daerah dalam menekan laju penyebaran Covid-19. Aksi sosial ini juga menjadi upaya konkrit  organsiasi masyarakat yang tergabung dalam TRIP agar puluhan ODP yang tengah menjalani isolasi mandiri tetap mendapat asupan gizi yang cukup.

"Alhamdulillah kami mendapat sumbangan dari para donatur, walupun sedikit ini bisa bermanfaat bagi sabahat-sahabat kami di pondok pesantren Nurul Madinah Masjid At-Taqwa Kelurahan Kauman," papar Ketua umum TRIP Kabupaten Ketapang, Asih Farahmi usai menyerahkan bantuan.

Menurut Asih, orang yang berstatus ODP Covid-19 harus mendapat dukungan dari semua pihak, karena yang bersangkutan secara sadar diri mengisolasi diri mereka agar tidak melakukan kontak langsung dengan orang luar selama masa isolasi.

"Mereka adalah ODP, mereka bukan terjangkit, ini bukan aib, justru kita harus bersyukur kepada mereka secara sadar diri mereka mengisolasi tidak bergaul dengan masyarakat," tambahnya.

Hingga kini pihaknya masih menerima donatur lainnya guna membantu masyarakat yang kini menjalani masa isolasi mandiri. Selain dalam bentuk uang tunai dan bahan makanan, TRIP juga menerima dan menyalurkan bantuan dalam bentuk barang lainnya guna membantu pemerintah dan masyarakat dalam upaya memutus mata rantai Covid-19.

Penyaluran bantuan TRIP kepada puluhan ODP Covid-19 tersebut tak terlepas dari peran Bagian Humas dan Protokol (Humpro) Setda Ketapang yang menjembatani dalam penyaluran bantuan sosial tersebut.

"Sebenarnya saya belum memiliki kapasitas dalam menyampaikan ini, tapi secara umum ini respon saya sebagai staf atas instruksi Sekda Kabupaten Ketapang Bapak H. Farhan dan Kabag Humpro Ketapang Bapak Doni , bahwa seorang staf harus berinovasi,  jadi kita menjemput bola terhadap informasi yang ada," papar Staf Humas Setda Kabupaten Ketapang,  S. Hadi.

S. Hadi mengatakan, pihaknya menerima Informasi bahwa ODP Covid-19 yang berada di Kelurahan Kauman membutuhkan bantuan. Informasi tersebut pun kemudian disampaikan kepada TRIP.

"Mudah-mudahan kalau ada donatur lain, kalau tidak bisa langsung ke TRIP bisa juga sampaikan ke Humas Pemkab Ketapang, nanti kita akan bersinergi, saat ini bukan saatnya saling menyalahkan tapi saatnya kita bersatu, kita yakin Ketapang bisa," ujarnya.

Sementara itu, satu diantara relawan Satgas At-Taqwa  Ahmad Nudin sebagai penerima bantuan mengucapkan terimakasih atas bantuan yang nantinya diserahkan kepada puluhan ODP Covid-19 Kelurahan Kauman.

"Ini adalah bantuan yang kedua kalinya yang kami terima dari donatur yang dipercayakan ke organisasi TRIP sebagai penyalur bantuan," katanya.

Ia berharap bantuan tersebut dapat menjadi berkah dan meringankan beban para santri dan para keluarga ODP yang terdampak.

"Mudahan-mudahan menjadi suport, penyemangat, manjadi obat penyembuh bagi mereka, karena ini merupakan tugas dan tanggungjawab kita bersama, kita yang sehat kita harus membantu mereka yang diisolasi mandiri dan mudah-mudahan donasi ini terus berkelanjutan," ujarnya.

Bagi para donatur yang ingin berbagi dalam membantu para ODP dan masyarakat Ketapang secara umum guna memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 dapat menyalurkan bantuan melalui rekening BRI : 0208-01-016342-53-3, MANDIRI : 146-00-1350102-3 dan rekening BANK KALBAR : 7021780451 atas nama Tim Relawan Insan Peduli. Selain uang tunai, TRIP juga menerima bantuan dalam bentuk barang atau logistik yang dapat diserahkan langsung di Posko TRIP jalan R. Suprapto Ketapang.  (Ndi)
Share:
Komentar

Berita Terkini