Api dan Kepulan Asap Membumbung di Lahan Gambut Desa Sungai Awan

Editor: Agustiandi author photo

Kepulan asap tampak dari kejauhan di lahan semak belukar Desa Sungai Awan Kanan Kecamatan Muara Pawan, Selasa (15/2/2021). 
Ketapang (Suara Ketapang) - Kobaran api dan kepulan asap muncul di lahan kosong Desa Sungai Awan Kanan Kecamatan Muara Pawan Kabupaten Ketapang, Selasa (16/2/2021) siang. 

Setelah menerima laporan, Tim Manggala Agni dan Damkar Kabupaten Ketapang langsung mendatangi lokasi dan berupaya memadamkan api yang membakar lahan semak belukar tersebut.

"Kami terima laporan sekitar jam 12:20 kemudian kami koordinasikan ke rekan dari Manggala Agni, kemudian jam 13:30 kita meluncur ke TKP," papar Wadanru Damkar Ketapang, Rino Faresetya, usai melakukan pemadaman.

Rino mengatakan, luasan yang terbakar sekitar satu hektar lebih. Sumber air yang kurang menjadi kendala dalam upaya pemadaman lahan gambut itu. 

"Sumber air agak susah ini, cuma masih ada sedikit air yang tertampung, jadi kita gunakan sebaik-baiknyalah untuk memadamkan lahan yang terbakar," imbuhnya.

Rino menambahkan, setelah sekitar 25 menit upaya pemadaman, Damkar bersama Manggala Agni Daops Ketapang berhasil memadamkan api. 

Intensitas hujan yang kurang dalam sepekan terakhir ini membuat rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan. Damkar Ketapang mengimbau masyarakat untuk tidak membuka lahan pertanian dengan cara membakar, karena hal itu bisa memicu karhutla dengan skala luas. 

"Kami imbau supaya tidak membuka lahan dengan cara membakar, karena dampaknya dapat merugikan masyarakat Ketapang umumnya," pungkasnya. (Ndi)

Share:
Komentar

Berita Terkini