Menumbuhkan Minat Wirausaha, CMI Kenalkan UMKM Binaan Kepada Siswa SMK

Editor: Redaksi author photo

PT Cita Mineral Investindo Tbk (CMI) berupaya menumbuhkan minat wirausaha kepada para siswa SMKN 1 Marau dan SMKN 1 Air Upas 
Ketapang (Suara Ketapang) - Berwirausaha merupakan salah satu kegiatan yang akan menumbuhkan kemandirian ekonomi bagi para pelakunya, oleh karena itu, PT Cita Mineral Investindo Tbk (CMI) ingin menumbuhkan minat wirausaha dengan memperkenalkan UMKM (Usaha Mikro Kecil & Menengah) Binaan CMI kepada para siswa SMKN 1 Marau dan SMKN 1 Air Upas di Ketapang – Kalimantan Barat.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu usaha yang menjadi penopang ekonomi nasional ditengah ketidakpastian ekonomi. Menjawab hal tersebut PT Cita Mineral Investindo Tbk (CMI) melalui program CSR mempunyai inisiatif untuk menumbuhkan minat dan bakat para siswa siswi SMKN 1 Marau dan SMKN 1 Air Upas yang ada di sekitar perusahaan untuk mengenal lebih baik apa itu UMKM. Para siswa/i tersebut diperkenalkan kepada dunia usaha dengan kegiatan kunjungan ke kelompok UMKM Binaan CMI melalui kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility).

Kegiatan yang berlangsung dari 23-25 Maret 2021 ini, para siswa/i SMKN diperkenalkan kepada UMKM Dasawisma Bunga Kantil yang berada di Desa Membuluh Baru Kecamatan Air Upas yang memproduksi kerupuk tempe dan minuman serbuk herbal jahe. Tidak hanya berkunjung, para peserta juga diberikan pelatihan mulai dari proses produksi sampai dengan metode pemasaran. Dalam kegiatan tersebut, peserta juga didampingi oleh tim CSR CMI dan juga guru dari sekolah masing-masing.

"Di tengah pandemi yang saat ini sedang melanda Indonesia, saya sangat berharap ada peran para pemuda dalam mengembangkan kreativitasnya di dalam dunia bisnis terutama UMKM. Pemuda harus inovatif dan mampu berkembang serta dapat menjadi agen perubahan terhadap lingkungan, termasuk memanfaatkan peluang untuk berwirausaha dalam segala bidang, terutama di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini”ujar Manager CSR CMI, Agustinus Mulyatmojo.

Agustinus menerangkan bahwa kegiatan CSR CMI pastinya akan mendukung program-program ekonomi produktif di lingkungan wilayah kerja perusahaan terlebih program-program yang dilakukan oleh para pemuda yang tentunya sesuai dengan kriteria perusahaan dan juga sesuai dengan kemampuan SDM (Sumber Daya Manusia), mulai dari pelatihan sampai dengan pemasaran.

“Kegiatan CSR CMI akan memberikan pembinaan terkait program ekonomi produktif terlebih kepada para generasi muda, sehingga semakin tumbuh wirausahawan baru yang terdiri dari para pengusaha terlebih pengusaha muda. Mulai pelatihan, pengolahan, dan keahlian lainnya demi menambah wawasan dan pengetahuan para pemuda di area operasional perusahaan terkait dunia bisnis” tambahnya

Nikmatur Rahmah, salah satu murid SMK menjelaskan, "Kegiatan ini merupakan pembelajaran yang menyenangkan, kami mendapat pengalaman terjun langsung melihat proses, dan di sisi lain juga kami belajar bagaimana cara berbisnis. Ilmu ini merupakan ilmu baru sebagai tambahan kelak setelah lulus sekolah sebagai modal dasar menjadi seorang pebisnis" ungkapnya.

Ibu Dewi selaku Ketua Kelompok UMKM merasa senang atas kunjungan murid-murid bersama tim CSR CMI "Saya merasa senang atas kunjungan adek-adek dari sekolah SMK yang juga didampingi oleh CSR CMI. Disini kami memberikan pembelajaran terkait proses produksi, pengelolaan produk UMKM dan juga bagaimana cara berbisnis. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada CMI karena terus menerus membantu kami sebagai kelompok binaannya” terangnya.

Selain berkunjung dan belajar di kelompok binaan UMKM, melalui program pendidikan “CITA Basic Learning” juga mengajak para murid berkunjung dan belajar ke kelompok binaan lain seperti sawah, peternakan ayam, peternakan ikan, peternakan sapi dan pertanian sayuran. Semua itu tidak lepas dari pada salah satu tujuan program CSR CMI dalam membangun minat bakat dan karakter para murid dalam dunia bisnis. (r)

Share:
Komentar

Berita Terkini