Konfercab HMI Ketapang

Editor: Redaksi author photo

Konferensi Cabang (Konfercab) ke-XII dan Musyawarah Kohati (Muskoh) ke-VI Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ketapang. (Ist)
Ketapang (Suara Ketapang) - Konferensi Cabang (Konfercab) ke-XII dan Musyawarah Kohati (Muskoh) ke-VI Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ketapang resmi dibuka, Jumat (25/06/2021) di Gedung Kuliah Politeknik Negeri Ketapang.

Kegiatan dengan tema 'Aktualisasi Nilai Kepemimpinan Menuju Khittah Perjuangan HMI' tersebut dibuka langsung Bupati Ketapang yang diwakili Asisten II Bidang Ekbang dan Kesra, Drs H Marwan Noor MM.

Turur hadir dalam pembukaan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Edy Radiansyah, Direktur Politeknik Negeri Ketapang Endang Kusmana, Presidium MD KAHMI dan Perwakilan Badko HMI Kalimantan Barat.

Ketua HMI Cabang Ketapang, Elsitiana dalam sambutannya mengatakan, Konfercab dan Muskoh merupakan amanat konstitusi atau AD/ART HMI yang wajib dilaksanakan setiap satu tahun sekali. 

"Masa kepengurusan HMI Cabang Ketapang periode 2019 - 2020 telah berakhir. Sesuai konstitusi HMI, maka wajib dilaksanakan Konfercab dan Muskoh. Nantinya melalui kegiatan ini, akan terlahir kepengurusan yang baru," kata Elsitiana.

Dia menjelaskan, Konfercab adalah agenda pengambilan keputusan tertinggi di tingkat HMI Cabang. Tidak hanya memilih ketua, namun juga membahas program kerja baik internal maupun eksternal.

"Insyaallah Konfercab dan Muskoh akan dilaksanakan selama tiga hari. Tentunya kita juga membahas rokomendasi - rekomendasi yang nantinya menjadi program kerja," jelasnya.

Sementara Asisten II Setda Ketapang, Marwan Noor menyampaikan, atas nama Pemerintah Daerah Ketapang memberikan apresiasi kepada HMI atas terselenggaranya Konfercab ke-XII dan Muskoh ke-VI. 

"Semoga apa yang direncanakan dalam agenda Konfercab dan Muskoh kali ini berjalan dengan lancar sesuai tujuan," ucap Marwan Noor saat membacakan Sambutan Bupati Ketapang, Martin Rantan.

Pada kesempatan tersebut, dia mengingatkan bahwa kegiatan Konfercab bukan semata - mata tempat berkumpul memilih ketua. 

Namun lebih dari itu, yakni merumuskan berbagai program demi keberlangsungan organisasi.

"Konfercab merupakam moment penting dalam organisasi. Konfercab sebagai penentu keberlangsungan kepengurusan organisasi. Saya pesan, lakukan musyawarah dengan baik dan saling menghargai pendapat satu sama lain" pesannya.

Dia berharap, setelah pelaksanaan Konfercab, ketua terpilih dan kepengurusan yang baru agar lebih proaktif dan terus membangun kerja sama dengan Pemerintah Daerah Ketapang.

"Semoga HMI Cabang Ketapang tetap berkiprah dan menjadi salah satu agen perubahan, sehingga pembangunan di Kabupaten Ketapang menjadi lebih baik lagi," harapnya. 

Selain pembukaan, kegiatan juga dirangkai dengan dialok publik dengan tema 'Penanganan Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pemuda dan Pendidikan di Kabupaten Ketapang'. 

Pada dialog tersebut, HMI mahadirkan narasumber dari Dinas Pendidikan (Disdik) Uti Royten SPd MPd (Sekretaris Dinas) dan dari Dinas Kesehatan Ketapang, Basaria Rajagukguk (Kabid Pengendalian Penyakit). (Ndi)


Share:
Komentar

Berita Terkini