Martin bersama Pangdam XII/Tanjungpura Tinjau Penanganan Covid-19

Editor: Redaksi author photo

Bupati Ketapang Martin Rantan mendampingi Pangdam XII/TPR Nur Rahmad meninjau vaksinasi Covid-19. (Ist) 
Ketapang (Suara Ketapang) - Bupati Ketapang, Martin Rantan mendampingi langsung kunjungan kerja (Kumker) Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad di Ketapang, Kamis (24/6/2021).

Kunker itu dalam rangka meninjau langsung penanganan covid-19 di beberapa tempat di Ketapang, diantaranya pelaksanaan vaksinasi di Pendopo Bupati dan di Lapangan Tenis Pelti Ketapang serta Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro di Desa Payak Kumang, Kecamatan Delta Pawan. 

Dalam sambutannya di Posko PPKM Mikro Desa Payak Kumang, Bupati Ketapang, Martin Rantan menyampaikan beberapa hal, diantaranya Pemkab Ketapang sudah berupaya keras untuk menangani covid di wilayahnya. 

"Pencegahan yang kita lakukan mulai tingkat kabupaten sampai ke tingkat desa hingga RT (Rukun Tetangga-red). Di antanya dengan membentuk posko PPKM kerja sama antara TNI, Polri dan pihak terkait liannya. Di tiap kecamatan seluruh fokompimcam (forum komunikasi pimpinan kecamatan-red) juga sudah saling bekerja sama menangani covid di Ketapang," katanya.

Martin sapaan akrab Bupati Ketapang dua periode ini, juga menyebut kalau Pemkab Ketapang melalui Dinsa Kesehatan juga sudah banyak melakukan vaksinasi. Selain terhadap jajaran aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Ketapang juga sudah banyak masyarakat umum yang divaksin.

"Selain melakukan vaksinasi kita juga melakukan perawatan terhadap yang terpapar. Pasien ditanggai di RSUD Agoesdjam dan kalau tidak muat ditempatkan ditempat perawatan di BSM," ungkapnya. 

Bupati menegaskan siap bekerjasama dengan TNI Polri dan pihak terkait yang ingin secara bersama-sama menanggulangi pndemi Covid-19 di Ketapang.

" Misalnya apabila TNI Polri di Ketapang kekurangan tenaga medis, Pemkab Ketapang siap membackup," ucapnya. 

Sementara itu, Pangdam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad mengatakan kalau kedatanagannya ke Ketapang dalam rangka meninjau penanganan covid di wilayah Ketapang

"Saya harapkan semua hingga Babinsa yang merupakan benteng terakhir. Maka saling bekerjasama dengan semua pihak di wilayah binaan masing-masing menangani persoalan covid di Ketapang ini," imbaunya. 

Pangdam mengajak semua tetap semangat untuk melindungi masyarakat. Lantaran keselamatan masyarakat merupakan yang tertinggi paling utama harus dilakukan. 

"Oleh karena itu TNI Polri dan Pemerintah di wilayah masing-masing harus bekerja keras menanggulangi covid ini," tegasnya. 

Menurutnya melawan virus kunci sebenarnya pada diri sendiri yakni harus disiplin. Jika ada yang terkena harus di rumah saja hingga dicek sudah negatif. Selanjutnya tetap di rumah sepakan lagi hingga benar-benar clear dan aman. 

"Karena yang bahaya itu orang tanpa gejala, keluyuran bersentuhan sama orang-orang hingga menularkan covid dalam dirinya. Hal ini harus disampaikan kepada masyarakat," tuturnya. 

Dalam rangka upaya percepatan pelaksanaan vaksinasi guna mempercepat tercapainya kekebalan kelompok (herd immunity) masyarakat, Pemkab Ketapang bersama TNI dan Polri bekerjasama melakukan vaksinasi massal bagi masyarakat umum mulai 24 hingga 30 Juni 2021 di Lapangan Tenis Indoor Pelti JI RM Sudiono di samping SMPN 1 Ketapang. 

Sasaran vaksinasi massal adalah seluruh masyarakat yang sudah berusia 18 tahun atau lebih. Saat tanggal pelaksanaan vaksin dilakukan. Calon penerima vaksin agar membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP). 

Pelayanan dilakukan mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Pendaftaran dapat dilakukan di tempat pelaksanaan mulai pukul 08.00 hingga 10.00 WIB dan puk 13.00 hingga 14.00 WIB. Sebelum menerima vaksin, calon penerima vaksin akan diskrining untuk mengetahui kondisi kesehatannya. (Ndi)


Share:
Komentar

Berita Terkini